Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

5 Bisnis Rumahan Yang Dapat Bertahan Lama

By On Monday, April 9th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Bisnis Modal Besar, Tips

Usaha rumahan yaitu satu aktivitas usaha yang dikerjakan dari tempat tinggal. Sekarang ini trend wiraswasta tengah naik daun di dalam orang-orang kita, terlebih buka usaha sendiri dari tempat tinggal. Hal semacam ini tidak lepas dari peranan pemerintah yang selalu berusaha mendorong timbulnya beberapa wiraswasta baru jadi motor pendorong perekonomian. Menggerakkan usaha dengan modal kecil bisa dikerjakan dengan memotong cost sewa tempat serta cost promosi. Untuk cost tempat, kita dapat menggunkan tempat tinggal kita sendiri jadi tempat usaha. Sudah bukanlah rahasia sekali lagi bila rupiah seperti perosotan air Niagara-gara. Soalnya, rupiah selalu turun ke bawah, bahkan juga pernah tembus Rp14 ribu per dolar! Tidak heran, keluar yang dirasakan usaha lesu karena rupiah jeblok. Tapi di dalam yang dirasakan itu, terdapat banyak pelaku bisnis yang tersenyum lebar. Mereka ambil inspirasi usaha rumahan yang tidak dipengaruhi anjloknya mata uang dalam negeri.

Di bawah ini 5 inspirasi usaha rumahan yang tidak akan ikut-ikutan lesu seperti rupiah yang dapat dilirik :

1. Hijab – Modal Rp 5-10 juta

Bila ingin usaha hijab tidaklah perlu produksi sendiri. Dapat ambillah dari penyuplai, seumpama dari Pasar Tanah Abang, lantas di jual sekali lagi. Tapi mesti pintar tawar-menawar agar dapat di jual sekali lagi dengan dengan harga lebih tinggi.

Untuk hijab pasar didalam negeri masih tetap bagus karna Indonesia yaitu negara dengan masyarakat sebagian besar muslim. Bila ingin menggasak kesempatan beda, memasarkan juga di negeri yang warganya banyak yang muslim, seperti Malaysia, Brunei, atau Arab Saudi.
Contoh saja hijab di Pasar Tanah Abang seharga Rp50 ribu rata-rata di bandrol 49 ringgit di Malaysia. Dengan kurs 1 ringgit sekitaran Rp3. 500, dapat untung 2 kali lipat!

(baca juga : tips menjadi sales sukses)
2. Kerajinan tangan – Modal Rp 10-20 juta

Inspirasi beda yaitu buka usaha kerajinan tangan dengan bahan murni dari dalam negeri. Klau miliki modal lebih, dapat mempekerjakan pegawai. Tapi bila tidak dapat, pilihannya tak tahu itu kita buat sendiri dengan skill sendiri atau kerja sama juga dengan sentra usaha kecil-menengah di daerah.
Misalnya di Sumedang serta Sleman, ada desa penghasil kerajinan bambu. Bila ingin usaha kerajinan tanah liat, dapat kulakan di Kasongan, Bantul atau Yogyakarta. Kita mesti memahami seluk-beluk kerajinan yang juga akan ditelateni jadi usaha. Agar dapat pasarkan dengan baik, mungkin saja dapat sampai ke negeri tetangga.

Seumpama kulakan patung tanah liat hiasan meja seharga Rp3. 000. Di pasar mancanegara, patung seperti gitu dapat dihargai sekurang-kurangnya US$ 1. Ditambah lagi bila memiliki bentuk eksotis seperti tokoh wayang.

3. Katering – Modal : Rp 20-30 juta

Bicara masalah usaha katering, modal tentu agak besar karna keperluannya banyak, seperti beli perlengkapan masak, bahan dan upah asisten. Tapi jadi pemula, mencari project kecil-kecilan dahulu saja, seumpama nembusin seminar/workshop dengan peserta 50 orang.

Buat menu yang berbahan datang dari dalam negeri untuk menghimpit pengeluaran. Bila ingin usaha katering makanan Jepang atau Korea, umpamanya, tidak cukup hanya modal Rp 20 juta. Janganlah lupa, mesti pandai masak.
Seumpama, katering dengan menu gudeg untuk 100 tamu undangan. Harga setiap jumlah diputuskan Rp 25 ribu, sedang berbelanja modal hanya Rp 20 ribu, ada keuntungan Rp 5. 000 x 100= Rp 500 ribu. Itu baru satu acara. Dalam satu bulan acara dapat lebih dari sekali.

4. Jualan Batik – Modal : Rp 10-20 juta

Jadi info saja nih, batik Indonesia telah disadari UNESCO loh, jadi miliki nama baik didunia internasional. Bila ingin usaha batik berkwalitas, umpamanya batik catat, automatis modalnya juga besar karna harga nya juga mahal.

Kita dapat kerja sama juga dengan beberapa grup pembatik di daerah seperti Solo, Pekalongan serta Yogyakarta untuk menghasilkan batik. Atau dapat pula konsentrasi ke pasar luar negeri lewat toko on-line dengan pengantar berbahasa Inggris.

Seumpama, kulakan batik catat di Solo dengan harga Rp200 ribu. Di pasar luar negeri, umpamanya Amerika, batik catat dapat dihargai sampai US$ 50. Diluar negeri juga seringkali ada pameran product dalam negeri yang difasilitasi pemerintah. Acara seperti gini dapat digunakan untuk pemasaran product batik.

Yang belum juga kerja atau jemu jadi karyawan, dapat dicoba bebrapa inspirasi usaha rumahan diatas. Kurang modal? Bank saat ini sediakan credit usaha. Janganlah sangsi serta malu untuk jadi entrepreneur!

5 Bisnis Rumahan Yang Dapat Bertahan Lama | admin | 4.5