Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Bisnis Bank Syariah

By On Saturday, March 10th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Bisnis Modal Besar

Bank Syariah adalah instansi perbankan yang digerakkan dengan prinsip syariah. Dalam tiap-tiap kesibukan usahanya, bank syariah senantiasa memakai hukum-hukum islam yang terdaftar didalam Al-Qur’an serta Hadist. Berlainan dengan bank konvensional yang memercayakan system bunga, bank syariah lebih memprioritaskan system untuk hasil, system sewa, serta system jual beli yg tidak memakai system riba sekalipun.

 

 

Perlu Kita Ketahui Beberapa Pengertian Bank Syariah :

 

  • Sudarsono
    Menurut Sudarsono, bank syariah adalah satu diantara instansi keuangan negara yang memberi credit serta jasa-jasa perbankan yang lain didalam jalan raya pembayaran serta peredaran uang yang beroperasi dengan berdasar pada prinsip-prinsip agama islam maupun prinsip syariah.

 

  • Perwataatmadja
    Menurut Perwataatmadja, pengertian bank syariah yaitu bank yang beroperasi dengan ikuti prinsip-prinsip syariah maupun islami yang tata langkah pengerjaannya didasarkan pada ketetapan Al – Qur’an serta Hadist.

 

  • Undang – Undang No. 21 Th. 2008
    Menurut UU No. 21 Th. 2008, perbankan syariah yakni semua suatu hal yang terkait bank syariah serta unit usaha syariah yang meliputi kelembagaan, aktivitas usaha, sampai sistem proses aktivitas usahanya. Bank syariah adalah bank yang menggerakkan kesibukan usahanya dengan memakai landasan prinsip-prinsip syariah yang terbagi dalam BUS (Bank Umum Syariah), BPRS (Bank Perkreditan Rakyat Syariah), serta UUS (unit Usaha Syariah).

 

  • Siamat Dahlam
    Menurut Siamat Dahlam, bank syariah adalah bank yang menggerakkan usaha perbankan dengan berdasarkan maupun memerhatikan prinsip – prinsip syariah yang tertuang didalam Al-Qur’an serta Hadist.

 

  • Schaik
    Menurut Scahik, pengertian bank syariah yaitu satu bentuk dari bank moderen yang berlandaskan hukum-hukum agama islam, yang diperkembang pada era pertengahan islam dengan jalan memakai rencana untuk hasil serta untuk kemungkinan jadi system paling utama serta menghapuskan system keuangan yang didasari dengan asumsi kepastian keuntungan yang sudah ditetapkan terlebih dulu.

 

Untuk lebih memahami bank syraiah jelas kita harus mengetahui kegiatan – kegiatan yang terdapat pada bank syariah, antara lain :

(baca juga : istilah-istilah dalam berbisnis)

 

Hiwalah
Akad perpindahan piutang nasabah (Muhil) pada Bank (Muhal’alaih) dari nasabah beda (Muhal). Muhil memohon muhalalaih untuk membayarkan terlabih dulu piutang yang muncul dari jual beli. Ketika piutang itu jatuh tempo, muhal juga akan membayar pada Muhal’alaih serta Muhal’alaih juga akan peroleh imbalan jadi jasa perpindahan piutang.

 

Ijarah
Akad sewa-menyewa barang pada bank (Muajir) dengan penyewa (Mustajir). Sesudah masa sewa selesai barang sewaan dikembalikan pada muaajir

Ijarah Wa iqtina
Akad sewa-menyewa barang pada bank (Muaajir) dengan penyewa (Mustajir) yang dibarengi janji kalau ketika yang ditetapkan kepemilikan barang sewaan juga akan beralih pada mustajir

Istishna
Akad jual beli barang (Mashnu’) pada pemesan (Mustashni’) dengan penerima pesanan (Shani). Spesifikasi, harga barang disetujui dimuka akad serta pembayaran dikerjakan dengan bertahap.

Kafalah
Akad pemberian jaminan (Makful alaih) yang didapatkan satu pihak pada pihak beda dimana pemberi jaminan (Kafil) bertanggungjawab atas pembayaran kembali satu utang sebagai hak penerima jaminan (Makful) .

Mudharabah
Akad pada yang memiliki modal (Shahibul Maal) dengan pengelola (Mudharib) untuk peroleh pendapatan atau keuntungan. Pendapatan atau keuntungan

Murabahah
Akad jual beli pada bank dengan nasabah. Bank berikan barang yang dibutuhkan nasabah yang berkaitan sebesar harga pokok ditambah dengan keuntungan yang setujui

Musyarakah
Akad kerja sama usaha patungan pada dua pihak atau lebih yang memiliki modal untuk membiayai satu type usaha yang halal serta produktif.

Qardh
Akad utang dari bank (Muqridh) pada pihak spesifik (Muqtaridh) yang harus dikembalikan dengan jumlah yang sama seperti utang.

Al Qard Ul Hasan

Akad utang dari bank (Muqridh) pada pihak spesifik (Muqtaridh) untuk maksud sosial yang harus dikembalikan dengan jumlah yang sama seperti pinjaman

Al Rahn
Akad penyerahan barang harta (Marhun) serta nasabah (Rahin) pada Bank (Murtahin) jadi jaminan beberapa atau semua utang.

Salam
Akad jual beli barang pesanan (Muslam fiih) pada konsumen (muslam) dengan penjual (muslamilaih).

Sharf
Akad jual beli satu valuta dengan valuta lainnya

Ujr
Imbalan yang didapatkan atau yang disuruh atas satu pekerjaan yang dikerjakan

Wadi’ah
Akad penitipan barang/uang pada pihak yang memiliki barang/uang dengan pihak yang di beri keyakinan dengan maksud untuk melindungi keselamatan, keamanan, dan keutuhan barang/uang.

Wakalah
Akad pemberian kuasa dari pemberi kuasa (muakkil) pada penerima kuasa (wakil) untuk melakukan satu pekerjaan (Taukil) atas nama pemberi kuasa.

 

 

Prinsip Kegiatan Bank syariah Dalam Mengikuti Kegiatan Usahanya, antara lain :

(baca juga : pengertian dan contoh perhitungan break event point)

 

Menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan yang meliputi :
· Giro berdasarkan prinsip wadi’ah
· Tabungan berdasarkan prinsip wadi’ah atau mudharabah
· Bentuk lain berdasarkan prinsip wadi’ah atau mudharabah

Melakukan penyaluran dana melalui :
· Transaksi jual beli berdasarkan prinsip murabahah,istishna,ijarah,salam, dan jual beli lainnya.
· Pembiayaan bagi hasil berdasarkan prinsip murabahah,istishna,ijarah,salam, dan bagi hasil lainnya.
· Membeli surat-surat berharga pemerintah atau Bank Indonesia

Memberikan jasa
· Memindahkan uang untuk kepentingan diri sendiri atau nasabah berdasarkan prinsip wakalah
· Menerima pembayaran tagihan atas surat berharga yang diterbitkan dan melakukan perhitungan dengan atau antar pihak ketiga berdasarkan prinsip wakalah
· Menyediakan tempat untuk menyimpan barang dan surat-surat berharga berdasarkan prinsip wadi’ah yang amanah
· Melakukan kegiatan penitipan termasuk penatausahaannya untuk kepentingan pihaka lain berdasarkan suatu kontrak dengan prinsip wakalah
· Melakukan pemnempatan dana dari nasabah ke nasabah lain dalam bentuk surat berharga yang tidak tercatat di bursa efek berdasrkan prinsip ujr
· Melakukan kegiatan usaha kartu debet berdasarkan prinsip ujr
· Melakukan kegiatan wali amanat berdasarkan prinsip wakalah

Melakukan kegiatan lain seperti :
· Melakukan kegiatan dalam valuta asing berdasarkan prinsip harf
· Melakukan kegiatan penyertaan modal berdasarkan prinsip musyarakah atau mudharabah pada bank atau pentyertaan lain
· Bertindak sebagai pendiri dana pensuin dan pengurus dana pensiun berdasarkan prinsip syariah sesuai dengan ketentuan dalam perundang-undangan yang berlaku
· Bank dapat bertindak sebagai lembaga baitul mal yaitu menerima dana yang berasal dari zakat,infak,shadaqah,wakaf,hibah dan dana sosial lainnya dan menyalurkannya kepada yang berhak. Melakukan kegiatan lain yang lazim dilakukan bank sepanjang disetujui oleh Dewan Syariah Nasional

Bisnis Bank Syariah | admin | 4.5