Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Bisnis Pegadaian

By On Wednesday, March 7th, 2018 Categories : Aneka Bisnis

Pada umumnya pengertian usaha gadai yaitu aktivitas menjaminkan beberapa barang bernilai pada pihak spesifik, manfaat peroleh beberapa uang serta barang yang ditanggungkan juga akan ditebus kembali sesuai sama kesepakatan pada nasabah dengan instansi gadai.

Dari pengertian di atas bisa diambil kesimpulan kalau usaha gadai mempunyai tanda-tanda seperti berikut :

  • ada beberapa barang yang digadaikan.
  • nilai jumlah utang bergantung nilai barang yang digadaikan.
  • barang yang digadaikan bisa ditebus kembali.

Keuntungan Usaha Gadai :

Maksud paling utama usaha gadai yaitu untuk menangani supaya orang-orang yang tengah memerlukan uang tidak jatuh ke tangan beberapa pelepas uang atau tukang ijon atau tukan rentenir yang bunganya relative tinggi. Perum Pegadaian dalam pemberian utang pada orang-orang memiliki motto “mengatasi problem tanpa ada problem”.

Keuntungan Perum Pegadaian bila dibanding dengan instansi keuangan Bank atau instansi keuangan yang lain yaitu :

  1. saat yang relatif singkat untuk peroleh uang, yakni pada hari itu juga, hal semacam ini dikarenakan prosedurnya yg tidak berbelit-belit,
  2. kriteria yang begitu simpel hingga mempermudah customer atau nasabah untuk memenuhinya,
  3. pihak pegadaian tidak mempermasahkan uang itu dipakai untuk apa, jadi sesuai sama kehendak nasabahnya.
Besarnya Jumlah Pinjaman
Besarnya jumlah utang bergantung dari nilai jaminan (beberapa barang bernilai) yang didapatkan. Makin besar nilainya, jadi makin basar juga utang yang bisa didapat oleh nasabahdemikian juga demikian sebaliknya. Tetapi, umumnya pegadaian cuma melayani hingga jumlah spesifik serta umumnya yang memakai jasa pegadaian yaitu orang-orang menengah ke bawah. Pada nasabah yang peroleh utang juga akan dipakai sewa modal (bunga utang) per bln. yang besarnya bergantung dari kelompok nasabah. Kelompok nasabah ditetapkan oleh pegadaian berdasar pada jumlah utang, yakni A, B, C serta D. Sedang besarnya sewa modal bisa beralih sesuai sama bunga pasar.
Beberapa jenis barang bernilai yang bisa di terima serta bisa jadikan jaminan oleh perum pegadaian seperti berikut :
  1. Beberapa barang berbentuk perhiasan
  2. Beberapa barang berbentuk kendaraan
  3. Beberapa barang elektronik
  4. mesin-mesin
  5. Beberapa barang kepentingan tempat tinggal tangga
Aktivitas Usaha Pegadaian Lainnya
Usaha beda yang dikerjakan oleh Perum Pegadaian yaitu jadi barikut :
  • Melayani usaha taksiran
  • Melayani jasa titipan barang
  • Berikan credit
  • Turut dan dalam usaha spesifik berkerja sama juga dengan pihak ke-3.
Prosedur Pinjaman
Seperti di ketahui kalau menariknya peminjam uang dipegadaian dikarenakan prosedurnya yang gampang, cepat serta cost yang dipakai relatif enteng. Selain itu, umumnya Perum Pegadaian tidak demikian mementingkan untuk apa uang tersebut di pakai. Yang perlu tiap-tiap sistem peminjaman uang dipegadaian sebaiknya dengan jaminan beberapa barang spesifik.
Pada dasarnya sistem atau prosedur peminjaman uang di Perum Pegadaian bisa diterangkan di bawah ini.
  1. Nasabah datang segera ke sisi info untuk peroleh keterangan mengenai pegadaian, umpamanya mengenai barang jaminan, periode waktu pengembalian, jumlah utang serta cost sewa modal (bunga utang).
  2. Untuk nasabah yang telah terang serta ketahui prosedurnya bisa segera membawa barang jaminan ke sisi penaksir untuk ditaksir nilai jaminan yang didapatkan.
  3. Sisi penaksir juga akan menaksir nilai jaminan yang didapatkan, baik kwalitas barang ataupun nilai barang itu, lalu baru diputuskan nilai taksir barang itu.
  4. Sesudah nilai taksir diputuskan langkah setelah itu yaitu memastikan jumlah utang bersama sewa modal (bunga) yang dipakai serta lalu diberitakan ke calon peminjam.
  5. Bila calon peminjam sepakat, jadi barang jaminan ditahan untuk disimpan serta nasabah peroleh utang, tersebut surat bukti gadai.

Lalu untuk sistem pembayaran kembali utang baik yang telah jatuh tempo ataupun yang belum juga bisa dikerjakan seperti berikut :

  • Pembayaran kembali peminjam tersebut sewa modal bisa segera dikerjakan di kasir dengan tunjukkan surat bukti gadai serta lakukan pembayaran beberapa uang.
  • Pihak Pegadaian menyerahkan barang jaminan jika pembayarannya telah lunas serta diserahkan segera ke nasabah untuk di check kebenarannya apabila telah benar bisa segera dibawa pulang.
  • Pada prinsipnya pembayaran kembali utang serta sewa modal bisa dikerjakan sebelumnya periode waktu utang jatuh tempo. Jadi si nasabah bila telah miliki uang bisa segera menebus jaminannya.
  • Untuk nasabah yg tidak bisa membayar pinjamannya, jadi barang jaminannya juga akan dilelang dengan resmi ke masyarat luas.
  • Hasil penjualan lelang diberitahukan pada nasabah serta kalau uang hasil lelang sesudah dikurangi utang serta bebrapa cost masih tetap lebih juga akan dikembalikan ke nasabah.
Bisnis Pegadaian | admin | 4.5