Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Bisnis Waralaba

By On Wednesday, March 14th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Bisnis Modal Besar, Bisnis Modal Kecil, Bisnis Online

 

Waralaba adalah : Satu system pendistribusian barang atau jasa pada pelanggan akhir, di mana yang memiliki merk (franchisor) memberi hak pada individu atau perusahaan untuk melakukan usaha (franchise) dengan merk, nama, system, prosedur serta beberapa cara yang sudah diputuskan terlebih dulu dalam periode waktu spesifik mencakup ruang spesifik.

Franchise sendiri datang dari bhs latin yaitu francorum rex yang berarti ” bebas dari ikatan “, yang merujuk pada kebebasan untuk mempunyai hak usaha. Pengertian Franchising (Pewaralabaan) yaitu perikatan di mana satu diantara pihak diberi hak untuk memakai serta atau memakai hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau keunikan usaha yang dipunyai pihak beda dengan satu imbalan berdasar pada kriteria yang diputuskan dalam rencana penyediaan serta atau penjualan barang atau jasa. Dengan simpel, benang merah waralaba yaitu penjualan paket usaha komprehensif serta siap gunakan yang meliputi merk dagang, material serta pengolaan manajemen. Oleh karenanya, pihak-pihak yang ikut serta dalam franchising. Sedang menurut Asosiasi Franchise Indonesia,

(baca juga : kelebihan dan kekurangan bisnis waralaba)

 

(Pewaralabaan) terdiri atas 2 segmen yaitu :

Franchisor atau Pemberi Waralaba, yaitu tubuh usaha atau perseorangan yang memberi hak pada pihak beda untuk memakai serta atau memakai hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau keunikan usaha yang dipunyainya. Franchisor harusnya siap dengan peralatan operasi usaha serta kemampuan manajemen yang baik, menanggung keberlangsungan usaha serta distribusi bahan baku untuk periode panjang, dan sediakan kelengkapan usaha hingga ke detil yang paling kecil. Franchisor juga harusnya sediakan perhitungan keuntungan yang didapat, neraca keuangan yang meliputi BEP (Break Moment Point) serta ROI (Return On Investment).

Franchisee atau Penerima Waralaba, yaitu tubuh usaha atau perseorangan yang didapatkan hak untuk memakai serta atau memakai hak atas kekayaan intelektual atau penemuan atau keunikan yang dipunyai pemberi waralaba. Franchisee cuma sediakan tempat usaha serta modal beberapa spesifik tergantung pada type waralaba yang juga akan dibeli. Tetapi franchisee juga memiliki keharusan non-finansial yang begitu esensial yaitu melindungi image product waralaba. Franchisee memiliki dua keharusan finansial yaitu membayar franchise fee serta royalti fee. Franchise fee yaitu jumlah yang perlu dibayar jadi imbalan atas pemberian hak intelektual pemberi waralaba, yang dibayar untuk 1x (one time fee) dimuka pembelian waralaba. Royalti fee yaitu jumlah uang yang dibayarkan dengan periodik yang disebut persentase dari omzet penjualan. Nilai franchisee fee serta royalti fee ini begitu bervariatif, tergantung pada type waralaba.

(baca juga : 4 tips memulai bisnis waralaba)

 

Waralaba bisa dibagi jadi dua :

Waralaba luar negeri/asing yaitu waralaba yang datang dari luar negeri, type waraaba ini relatif lebih disenangi karna systemnya lebih terang, merk telah di terima di beberapa dunia, serta dirasa lebih bergengsi. Misalnya : McDonald’s, Kentucky Fried Chicken, Bread Talk, Starbucks, Pizza Hut, dan lain-lain.

Waralaba dalam negeri yaitu waralaba yang datang dari dalam negeri, type wara laba ini jadi satu diantara pilihan investasi untuk beberapa orang yang menginginkan cepat jadi entrepreneur namun tidak mempunyai pengetahuan cukup perangkat awal serta lanjutan usaha ini yang disiapkan oleh yang memiliki waralaba. contoh waralaba lokal : Primagama, Alfamart, Martha Tilaar, Roti Buana, Edward Forrer, Bogasari Baking Center serta beragam nama yang lain.

(baca juga : cara mengembangkan bisnis waralaba)

 

 

Bisnis Waralaba | admin | 4.5