Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Modal Usaha Bisnis

By On Saturday, March 31st, 2018 Categories : Aneka Bisnis

Apakah itu Modal Usaha? Modal usaha yaitu suatu hal yang dipakai untuk membangun atau menggerakkan satu usaha/usaha kecil ataupun besar. Modal ini dapat berbentuk uang serta tenaga (ketrampilan). Modal uang umum dipakai untuk membiayai beragam kepentingan usaha, seperti cost prainvestasi, pengurusan izin, cost investasi untuk beli aset, sampai modal kerja. Sedang modal ketrampilan yaitu kepiawaian seorang dalam menggerakkan satu usaha. Besar atau tidaknya modal usaha bergantung type usaha yang juga akan dibuat. Apabila usaha yang juga akan diawali yaitu toko kelontong umpamanya, jadi modalnya semakin lebih besar daripada apabila Anda membuat satu usaha jual beli pulsa. Begitu juga modal usaha katering semakin lebih mahal di banding modal usaha buat penerbitan yang sekarang ini dapat memakai digital. Untuk beberapa entrepreneur, sebaiknya mesti dapat memakai/memakai modal dengan seoptimal mungkin saja, yang nanti diinginkan akan memberi keuntungan yang lebih maksimum untuk perusahaan yang tengah di kelola. Terkecuali modal sendiri, Modal usaha umumnya didapat lewat Credit Modal Usaha Yang difasilitasi oleh bebrapa instansi keuangan.

(baca juga : bisnis waralaba)

Di bawah ini yaitu sebagian keterangan tentang pengertian modal :

1. Menurut Prof. Bakker
pengertian modal yaitu : Modal disimpulkan baik berbentuk berupa beberapa barang konkret yang masih tetap ada pada rumah tangga perusahaan perusahaan yang ada di neraca samping debet, ataupun berbentuk berupa daya beli atau nilai ganti dari beberapa barang itu yang terdaftar di sebelah credit.

2. Menurut Bambang Riyanto (1998 : 10) Dasar-dasar Pembelanjaan Perusahaan :
“Modal yaitu hasil produksi yang dipakai untuk menghasilkan selanjutnya. Dalam perubahannya lalu modal diutamakan pada nilai, daya beli atau kekuasaan menggunakan atau memakai yang terdapat dalam beberapa barang modal”.

3. Menurut Lawrence J. Gitman (1997 : 482)
Capital is a long term funds of the firm ; all items on the right hand side of the firm balance sheet excluding current liabillities.
Modal yaitu dana periode panjang dari satu perusahaan ; semuanya item pada bagian kanan neraca perusahaan tidak termasuk juga keharusan lancar.

4. Menurut Drs. Moekijat (2000 : 63) dalam “ Kamus Manajemen”
“Ada banyak perumusan yang berbeda tentang modal, umumnya modal dipandang terbagi dalam uang tunai, credit, hak buat serta jual suatu hal (paten), mesin-mesin serta gedung-gedung. Walau demikian seringkali arti itu dipakai untuk menyebutkan hak punya keseluruhan yang terdiri atas jumlah yang ditanam, surplus serta keuntungan-keuntungan yg tidak dibagi. ”

5. Pengertian Modal Usaha menurut Kamus Besar Bhs Indonesia dalam Listyawan Ardi Nugraha (2011 : 9) modal usaha yaitu uang yang digunakan jadi pokok (induk) untuk berdagang, melepas uang, dsb ; harta benda (uang, barang, dsb) yang bisa dipakai untuk hasilkan suatu hal yang menaikkan kekayaan. Modal dalam artian ini bisa di interpretasikan jadi beberapa uang yang dipakai dalam menggerakkan beberapa aktivitas usaha. Banyak kelompok yang melihat kalau modal uang tidaklah segala-galanya dalam satu usaha.

6. Menurut Bambang Riyanto (1997 : 19) pengertian modal usaha jadi rangkuman neraca satu perusahaan yang memakai modal konkrit serta modal abstrak. Modal konkrit ditujukan jadi modal aktif sedang modal abstrak ditujukan jadi modal pasif.

Pembagian Modal Usaha, ada 2 yakni :
1. Modal aktif, modal didasarkan pada bentuk/memiliki bentuk yang terdiri atas :

a) Aktiva lancar (modal kerja) : aktiva yang habis dalam 1xputaran sistem produksi, periode waktu 1 th.. Contoh : uang kas, uang di bank, piutang.
b) Aktiva tetaplah (modal investasi) : aktiva yang tahan lama, tidak habis, yang makin lama makin habis dalam sistem produksi. Contoh : tanah, gedung, pabrik.
c) Aktiva immaterial : aktiva/harta yg tidak berwujud namun mempunyai nilai. Contoh : reputasi, royalty, merk.

2. Modal pasif, modal yang didasarkan pada sumbernya yang terdiri atas :

a) Modal sendiri : datang dari yang memiliki usaha/dana pribadi (dana cadangan, laba usaha, simpanan anggota).
b) Modal asing (ekstern) : modal yang datang dari luar perusahan dapat berbentuk utang maupun investasi (credit bank, obligasi).
Credit yaitu satu pemberian prestasi oleh satu pihak beda yang juga akan dikembalikan sekali lagi dibarengi dengan satu kontra prestasi berbentuk bunga.

JENIS-JENIS MODAL ADA 3, ANTARA LAIN :

Modal investasi awal
Modal Investasi awal yaitu type modal yang perlu di keluarkan pada awal mulai usaha, serta umumnya digunakan untuk periode panjang. Contoh modal usaha ini yaitu bangunan, perlengkapan seperti computer, kendaraan, perabotan kantor serta beberapa barang beda yang digunakan untuk periode panjang.

Modal Kerja
Modal kerja yaitu modal yang perlu di keluarkan untuk beli atau buat barang dagangan Anda. Modal kerja ini dapat di keluarkan tiap-tiap bln., atau tiap-tiap datang order.
Jadi contoh, bila usaha Anda usaha tempat makan, jadi modal kerja yang Anda perlukan yaitu modal untuk beli bahan makanan.

Kita bisa menilainya besarnya modal kerja yang dipunyai oleh satu perusahaan dengan dua jenis pengertian, yakni : a. Modal kerja kotor (gross working capital)
Modal kerja kotor yaitu jumlah nilai aktiva lancar yang dipunyai perusahaan yakni mencakup kas da surat bernilai (investasi periode pendek), piutang serta persediaan. Modal kerja menurut pengertian dikelompokan sekali lagi jadi dua kelompok yakni :

1) Modal kerja permanen
Modal kerja permanen yaitu modal kerja yang senantiasa ada selama saat, tanpa ada dipengaruhi oleh perubahan musim penjualan serta keadaan usaha

2) Modal kerja temporer
Modal kerja temporer yaitu penambahan modal kerja yang dibutuhkan untuk menangani macam penjualan diatas tingkat modal kerja permanen

b. Modal kerja bersih (net working capital)
Modal kerja bersih yaitu selisih pada aktiva lancar dengan hutang lancar. Biasanya modal kerja bersih digunakan untuk memberikan keyakinan kita kalau usaha yang kita rintis memiliki aktiva lancar yang cukup untuk penuhi keharusan keuangan periode pendeknya

Modal Operasional

Modal operasional yaitu modal yang perlu Anda mengeluarkan untuk membayar cost operasi bulanan dari usaha Anda. Misalnya pembayaran upah pegawai, pulsa telepon bulanan, PLN, air, bahkan juga retribusi.

JENIS MODAL MENURUT WUJUD :
1. Modal konkret
Modal yang berbentuk beberapa barang atau benda-benda yang wujudnya bisa kita saksikan yang dipakai dalam sistem produksi, diantaranya mesin, pabrik, gudang, dan bahan baku.

2. Modal abstrak

Modal yg tidak bisa kita saksikan tetapi berikan faedah untuk aktivitas produksi kita, diantaranya hak pendirian serta hak cipta.

Modal Usaha Bisnis | admin | 4.5