Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Nutrisi Yang Dibutuhkan Burung Beserta Contoh Makanannya

By On Thursday, March 8th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Bisnis Ternak, Tips

Pada dasarnya burung yang sehat adalah burung yang tercukupi akan kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuhnya. Salah satu syarat burung dapat berkembang biak adalah ketika kondisi burung itu sehat, maka dari itu mari kita simak nutrisi-nutrisi penting yang dibutuhkan burung agar burung tersebut sehat dan dapat berkembang biak :

1. Protein
Protein yaitu zat yang begitu perlu untuk kehidupan dijadikan bahan dasar pembentukan beberapa sel serta jaringan baru pada badan burung. Selain itu, protein dibutuhkan untuk perkembangan serta perbaikan jaringan badan yang rusak bersamaan menambahnya umur atau penyakit. Mengenai peranan beda dari protein jadi penompang sumber daya serta bertindak dalam pembentukan telur, daging, serta pertunasan bulu-bulu baru.

Sumber Protein Ada Dua Jenis, Yaitu : 

A. Nabati, Sumber protein nabati diantaranya kacang-kacangan seperti kacang tanah, kacang panjang, kacang kedele, kacang hijau, almond, biji milet, biji kenari (kenari set), biji bunga matahari, bayam, brokoli, jagung muda, dll
B. Hewani,Sumber protein hewani diantaranya voer / pelet burung , ulat daun, ulat hongkong, ulat bambu, jangkrik, belalang, orong-orong (gaang), kepik air, kelabang, cacing tanah, cacing kalung, laron, kroto segar (telur semut), ikan dll.

Efek Kekurangan Dan Kelebihan Protein :

A. Kekurangan protein pada asupan pakan burung dewasa / mapan dapat menyebabkan mudah terkena penyakit, malas berkembang biak (beranak pinak), malas melakukan aktivitas, murung, bulu rusak, kurus, serta turunkan kekuatannya berkicau.
Kekurangan protein pada anak burung atau burung muda juga akan perlambat perkembangan fisiknya. Diluar itu, perkembangan fisiknya dapat kurang prima (cacat), gampang terkena penyakit, serta kanibal dengan sesama jenisnya.

B. Kelebihan / Over protein pada asupan pakan burung dapat menyebabkan burung mengalami kelebihan berat badan (obesitas) yang menyebabkan burung menjadi malas bunyi, juga dapat menyebabkan burung sakit, kerusakan ginjal, merusak hati serta otak, dehidarasi dll.

2. Karbohidrat

Karbohidrat yaitu sumber daya yang diperlukan badan burung untuk dapat melakukan aktivitas dengan baik serta maksimal. Peranan dari karbohidrat, salah satunya untuk bergerak, berkicau, menolong kelancaran metabolisme, serta pembentukan sel darah merah. Kesibukan burung yang cukup tinggi memerlukan karbohidrat yang tinggi juga. Dengan hal tersebut, pemberian pakan yang pas serta dapat mensuplai karbohidrat dalam kurun waktu singkat butuh kita berikan.

Karbohidrat yang termasuk cepat terserap oleh badan yaitu buah-buahan, jagung muda, serta sayuran. Pakan itu memiliki kandungan gula alami yang tambah baik dalam melindungi keseimbangan zat makanan pada badan dari pada gula pasir (sukrosa).

Pakan burung yang memiliki kandungan karbohidrat terbaik adalah pepaya, kacang tanah, kacang hijau, kacang kedelai, dan pisang.

Efek Kekurangan Dan Kelebihan Karbohidrat :
A. Kelebihan karbohidrat dalam asupan pakan burung dapat menyebabkan burung tersebut mengalami kegemukan (obesitas) yang menyebabkan burung tersebut menjadi malas bunyi, malas berkembang biak dll,  kelebihan karbohidrat pun dapat mengganggu proses metabolisme yang dapat menyebabkan burung sakit.
B. Kekurangan karbohidrat dalam asupan makanan burung dapat menyebabkan daya ingat burung menjadi rusak, mudah lelah, menjadi malas, dan dapat menyebabkan kerusakan jaringan, kekurangan glukosa dalam darah yang menyebabkan burung sakit.

Baca Juga : Pengertian Bisnis Budidaya

 

3. Lemak

Lemak dibutuhkan badan burung dalam jumlah terbatas, tidak bisa lebih dari 8%. Seperti karbohidrat, lemak adalah zat organik sumber daya yang memiliki kandungan karbon, hidrogen, serta oksigen. Didalam sistem pencernaan, lemak dirombak jadi asam lemak serta gliserol supaya bisa diserap oleh organ badan.

Terkecuali sumber daya, peranan beda dari lemak yaitu membawa vitamin (A, D, E, serta K), membuat perlindungan organ badan, serta membawa lemak esensial ke semua sisi badan yang membutuhkannya. Daya yang dibuat lemak semakin besar dari daya yang dibuat karbohidrat. Kekurangan lemak untuk burung tidak baik, namun masih tetap bisa saja ditutupi oleh keunggulan karbohidrat. Tetapi, kelebihan lemak dapat begitu membahayakan burung. Di samping membuatnya jadi burung malas dalam melakukan aktivitas, efek negatif yang lain berbentuk rontok bulu sebelumnya saatnya, bahkan juga dapat mati mendadak karna jantungnya terbalut lemak terlalu berlebih.

 

4. Vitamin

Meskipun diperlukan badan burung dalam jumlah begitu kecil, kecukupan vitamin begitu perlu, seperti zat gizi yang lain. Pada umumnya burung cinta, baik yang juga akan ditangkarkan maupun jadi juga akan dikonteskan memerlukan vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, serta vitamin K. Vitamin A juga akan punya pengaruh pada kesehatan mata, kulit, serta perkembangan bulu hingga begitu diperlukan, terlebih burung yang baru menetas sampai umur muda atau remaja. Vitamin B begitu dibutuhkan dalam sistem kerja system saraf serta terjadinya daya. Vitamin C juga akan memproteksi burung dari penyakit dibagian kulit.

Vitamin D diperlukan untuk memperlancar sistem reproduksi. Disamping itu, vitamin K dibutuhkan untuk pembentukan protombin, yakni zat perlu yang bertindak dalam pembekuan darah. Keperluan si burung cinta juga akan vitamin gampang terpenuhi dengan memberikannya pakan beragam serta seimbang. Bila sangat terpaksa, mesti memberikannya vitamin buatan pabrik. Hal tersebut umumnya dikerjakan bila keadaannya kurang baik karena dampak cuaca atau perjalanan jauh.

Berikut contoh pakan yang mengandung Vitamin A, B, C, D, E, K

Vitamin A : Pepaya, Pisang, Melon, Semangka, Belimbing, Wortel, Brokoli, Kangkung, Bayam, Dll
Vitamin B : Nanas, Anggur, Semangka, Bayam, Terong, Kacang Hijau, Dll
Vitamin C : Jeruk, Jambu Biji, Pepaya, Brokoli, Kembang Kol, Dll
Vitamin D : Jamur, Daging Sapi, Daging Kambing, Ikan, Sinar Matahari, Dll
Vitamin E : Alpukat, Mangga, Kiwi, Pisang, Bayam, Brokoli, Dll
Vitamin K : Sawi, Bayam, Brokoli, Blueberi, Anggur, Alpukat, Dll

Baca juga langkah memulai usaha agar bisa sukses.

 

5. Mineral

Kepentingan juga akan mineral tidak kalah perlunya dengan seluruh zat gizi diatas. Mineral makro dibedakan jadi dua kelompok, yakni minereal makro serta mikro. Mineral makro diperlukan relatif semakin banyak dari pada mineral mikro. Yg termasuk juga mineral makro yaitu kalsium, fosfor, magnesium, natrium, kaliam, klor, serta bekarang. Adapun besi, tembanga, yodium, kobalt, seng, mangan, selenium, molibdentari, serta termasuk mineral milkro.

Pada burung, manfaat mineral semakin khusus sekali lagi, yakni untuk pelihara kesehatan tulang serta bulu, menaikkan nafsu makan serta hindari kanibalisme antar burung.

Kalsium serta fosfor
Ke-2 unsur ini begitu memastikan dalam sistem pembentukan tulang serta telur. Diluar itu, juga berperan dalam metabolisme karbohidrat kalsium serta fosfor ikut serta membuat bebrapa sisi perlu serta sel hidup. Burung yang kekurangan kalsium serta fosfor juga akan memerlihatkan tanda nafsu makan alami penurunan, perkembangan terganggu, berlangsung pelunakan tulang (osteoporosis), serta bentuk tulang tidak normal (rakhitis). Ke-2 unsur ini bisa kita penuhi dengnn tepung tulang, tulang cumi, kulit kerang, serta kacang tanah.

Netrum serta klor
Unsur netriurm berperan dalam metabolisme badan serta bertindak dalam mengatur keseimbangan keadaan asam-basa serta desakan dalam sel. Keperluan natrium serta klor dalam pakan sekitar pada 0, 5 – 1% dari jumlah pakan yang didapatkan. Keunggulan unsur ini bisa mmenurunkan perkembangan serta mengakibatkan kerusakan ginjal. Jika kekurangan, burung juga akan kehilangan nafsu makan, bulu tampak kasar, serta tubuh tidak sehat. Tepung ikan serta tepura tulang adalah sumber ke-2 ursur ini.

Magnesium
Unsur ini beberapa besar ada dalam tulang serta sedikit ada dalam cairan serta jaringan badan Ininnya. Terkecuali bertindak dalam pembentukan tulang, magnesium juga bertindak dalam metabolisme karbohidrat. Magnesium juga adalah mineral perlu dalam menggerakkan fungi sel saraf, kekurangan magnesium menyebabkan perkembangan jadi lambat, lesu, serta napas tidak teratur. Tepung tulang, tepung daging, kedelai, serta biji bunga matahari adalah sumber ursur magnesium.

Besi
Unsur ini bertindak dalam sistem pembentukan sel darah merah. Besi dibutuhkan dalam jumlah yang amat sedikit dibanding mineral yang lain. Meskipun demikan, kekurangan unsur ini bisa mengakibatkan burung alami kekurangan darah yang diikuti dengan warna kulit burung terlihat pucat.
Pada burung hias juga akan teradi penurunan pigmen (depigmentasi) pada bulu – bulunya. Sumber unsur besi diantaranya tepung darah, tepung daging, telur, serta bayam.

Yodium
Unsur ini diperlukan untuk pembentukan hormon tiroksin, kekurangan yodium diantaranya mengakibatkan berkurangnya daya tetas telur karena banyak paket embrio didalam telur. Yodium bisa dipenuhi dari garam dapur yang sudah diparkaya dengan unsur beda. Walau demikian, pemberian garam dapur dalam pakan janganlah terlalu berlebih serta mesti hati – hati karna bisa keracunan.

Seng, tembaga, serta mangan
Ke-3 unsur ini adalah mineral perlu yang menolong sistem metabolisme badan. Walau bagaimanapun, peranannya yang khusus belum juga di ketahui dengan tentu. Kekurangan seng bisa mengakibatkan perkembangan burung jadi terganggu, bulu bulu tumbuh kurang baik, sendi lutut jadi membesar, tulang-tulang kali jadi panjang, serta sayap memendek dan menebal.
Kekurangan tembaga diikuti dengan terjadinya perkembangan yang terlambat, anemia, diare, serta masalah pada pembentukan tulang dan depigmentasi bulu bulu yang berwarna. ke-3 unsur ini bisa bersumber dari tepung daging, tepung ikan, gabah padi, kacang tanah serta sayuran hijau.
Dalam soal vitamin atau mineral kita dapet memberikan kekurangannya dengan tablet yang banyak di jual di apotek serta toko obat. Pemberianya kita kerjakan lewat air minum ataupun dengan mencampurkarunya kedalam minggu. Bau vitamin seringkali kal menyebabkan burung malas makan dan minum pakan yang sudah digabung barusan. Kita butuh merubah langkah pemberianya, misalinya kita tumbuk tablet vitamin sampai halus lantas menyisipkannya kedalam pakan hingga keberadaannya tidak diiketahui burung.

Note : Ketika anda mengalami kesulitan karena burung kita tidak mau memakan misalkan apel, cara nya adalah iris kecil-kecil apel tersebut kemudian masukan potongan apel tersebut kedalam tubuh jangkrik / makanan kesukaan burung kita.

Nutrisi Yang Dibutuhkan Burung Beserta Contoh Makanannya | admin | 4.5