Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Strategi Membangun Bisnis Usaha Warung Kopi

By On Wednesday, April 18th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Tips

Meningkatkan usaha usaha warung kopi itu sesungguhnya begitu gampang dikerjakan, tapi bagaimana caranya membuat usaha usaha warung kopi dengan benar serta pas, diawali 0 (0) tersebut yang agak sedikit susah.

Untuk saya pribadi, meningkatkan usaha usaha seperti warung kopi itu gampang, masalahnya yaitu pas saat membuat usaha usaha ini.

Sedikit intermezzo, usaha warung kopi adalah prospek yang cukup bagus serta termasuk ke satu diantara type usaha usaha periode panjang.

Didukung dengan service customer, rekanan usaha serta type kopi yang berasal berbahan paling baik serta berkwalitas tinggi, bukanlah mustahil usaha ini juga akan melejit dengan mencolok hingga hasilkan keuntungan yang begitu melimpah.

Nah… Bila Anda menginginkan buka usaha ini jadi pekerjaan paling utama Anda, jadi ada banyak hal yang perlu Anda tekuni terlebih dulu.

Tersebut tips bagaimana caranya membuat usaha usaha warung kopi (warkop) diawali dari 0 (0).

#1. Doa untuk Allah oleh Kita ; serta Doa & Restu Usaha Usaha dari Keluarga

Yang terutama serta paling penting yaitu doa serta restu ke-2 orangtua untuk usaha usaha yang juga akan kita bangun ; baik itu Ayahanda maupun Ibunda, istri? Saya belum juga nikah 🙂

Bahkan juga, Allah saja ” mengalah ” untuk ke-2 orangtua.

Contoh : Adzan berkumbang, tapi ibu menyuruh kita untuk beli cabai di pasar. Allah melarang kita menampik atau menyanggah pengucapan Ibu, oleh karena itu Ibu mesti diprioritaskan dulu, shalat terakhir.

Doa orangtua yaitu doa paling manjur didunia. Bila dia mendoakan kita dimudahkan rejeki, insya Allah rejeki itu juga akan mengalir tidak ada henti.

#2. Passion dalam Berbisnis

Berulang-kali saya katakan kalau passion dalam melakukan bisnis itu perlu. Di click saja link artikelnya, silakan baca serta mengerti Apakah itu Passion dalam Melakukan bisnis.

Passion juga terkait dengan inspirasi, bakat serta ketekunan.

Bila ke-3 sikap itu tidak tertanam dipikiran serta hati Anda, Anda mutlak kalah berkompetisi dengan pesaing yang lain yang lebih dapat dalam menggagas serta menggerakkan inspirasi, bakat serta ketekunan dalam usaha usaha warung kopi.

Ke-3 hal semacam ini sempat juga saya singgung di artikel 3 Modal Perlu untuk Membuat Usaha Usaha Pribadi.

#3. Modal Usaha Usaha Warung Kopi

Siapa katakan usaha usaha tanpa ada modal itu ada? Dengan agak sedikit kasar saya katakan, ” Hanya orang goblog yang ngatain usaha tanpa ada modal itu ada, terkecuali harta warisan dari orang tuanya “.

Mitos masalah usaha usaha tanpa ada modal sempat juga saya singgung di sini, Kenyataan Usaha Usaha tanpa ada Modal yaitu Salah.

Modal yaitu point ke-3 yang mutlak dipunyai. Kita dapat memperoleh modal dengan bermacam langkah, misalnya seperti :

  • Modal usaha usaha yang halal dengan halal
  • Pinjam di bank tapi demikian bayar jadi kesusahan sendiri
  • Jual harta warisan orangtua ; dan
  • Atau meminjam uang keluarga untuk modal bisnis
  • Dasarnya, banyak langkah untuk memperoleh modal yang nanti juga akan kita pakai untuk modal usaha usaha.

#4. Pilih serta Memastikan Tempat Usaha yang Strategis

Bergantung seberapa besar cost yang berani Anda mengeluarkan, siapa tujuan customer Anda, bagaimana desain atau dekorasi warung kopi ; serta seberapa besar Budget yang Anda sediakan untuk melayani customer.

Seberapa besar cost : Untuk memastikan serta beli tanah, membuat bangunan, atau beli keduanya yang telah jadi dalam satu paket.

Makin strategis satu lokasi yang juga akan Anda bangun usaha usaha, makin mahal juga harganya .

Memastikan customer yang menginginkan Anda tujuan sepanjang menggerakkan usaha usaha ; bila targetnya yaitu pegawai, pastikan tempat yang berdekatan dengan beberapa lokasi kantor ; keramaian, pajak atau pasar, di sekitaran pusat perbelanjaan.

Bila rencananya tenang, adem serta nyaman ; pastikan tempat strategis yang agak jauh dari keramaian tapi tetaplah memberikan keyakinan sebenarnya usaha warkop Anda tetaplah dikunjungi oleh ramai orang .

Desain atau dekorasi juga bergantung rencana usaha usaha warung kopi, tujuan customer serta seberapa besar Budget yang berani Anda sediakan.

Sesungguhnya, pemilihan atau penentuan tempat usaha usaha warung kopi yang strategis menurut saya yaitu di sekitaran universitas atau persimpangan jalan.

Sekitaran universitas, banyak tuch maba-maba (mahasiswa baru) yang sekali lagi ” Cari teman ” buat buat geng baru di universitas.

Bila tempatnya di persimpangan jalan, yakinkan kalau Anda sudah mempersiapkan lahan parkir untuk kendaraan beroda dua, ataupun beroda empat. Bila butuh, seluas-luasnya 20×20 mtr. itu telah cukup banget.

Sesungguhnya, kajian ini saya sempat saya singgung di artikel ini : Langkah serta Panduan Pilih Tempat Usaha yang Strategis dengan Benar, Pas serta Akurat 100%.

Bisnis Online

#5. Rencana : Dekorasi, Tujuan Customer, Desain Bangunan

Nah, bila ini agak sedikit rumit, agak payah. Jujur saja, untuk saya ini yang paling rumit sesudah modal. Pertama, modal. Ke-2, rencana.

Dasarnya begini, bila ingin buka usaha usaha warung kopi diperkampungan, cocokkan ” model ” -nya bagaimana, paling tidak memiliki bahan basic kayu yang berkwalitas baik.

Agar agak ramean dikit, cobalah desain warung kopi memiliki bahan basic kayu tapi ditambahkan 1 tingkat ke atas, berarti 2 tingkat

Dasarnya begini, desainlah warung kopi itu sebagus serta sebaik mungkin saja, mengapa? Supaya customer ingin bertandang terus-terusan ke warung kopi kita.

Lepas dari masalah modal, tempatnya di kota maupun di kampung, sebagian rencana yang dapat saya anjurkan yaitu :

Sepak bola : Stiker sepak bola dimana-mana, photo beberapa legenda sepakbola, photo kemenangan club serta tropi-nya ; serta aksesori sepak bola lainnya

Memiliki nuansa Musik : Siapkan tempat untuk panggung dadakan, mana tahu ada yang akustikan dadakan, sediakan lagu-lagu yang enak di dengar seperti Jazz, Blues atau R&B.

Rencana atau dekorasi kayu : Diawali dari 0 hingga 100%, semua memiliki bahan kayu (paling gresh sich kayu jati) ; tampak alami serta stylish banget .

Rencana mewah : Bangku mahal, meja mahal, alat-alat pembuatan atau racikan kopi, kopi berkwalitas paling baik, semuanya type kopi mesti ada serta available kurun waktu itu juga, dll

Sesungguhnya banyak sich rencana warung kopi itu bagaimana serta apa-apa saja. Itu semuanya mesti berlandaskan Budget, tujuan pasar, serta tempat usaha usaha strategis yang Anda menempati.

Satu hal yang tentu, janganlah buka warung kopi remang-remang di samping bangunan beribadah seperti masjid atau gereja. Itu kurang ajar banget, rasa-rasanya…

#6. Sarana Warung Kopi

Sarana yang Anda menawarkan ditetapkan bagaimana dekorasi yang Anda buat. Janganlah menyingkirkan pelanggan!

Rencananya anak ngopi banget?

Anak ngopi itu perlu ketenangan, tidak sukai urak-urakan. Mereka hanya perlu kopi enak, bukanlah WIFI, terlebih bebrapa photo ; karna mereka perlu ngopi serta bercakap.

Rencananya mengenai apa? Musik serta enjoy?

Tentukan tempat yang jauh dari keributan atau keramaian. Sediakan lagu-lagu enak serta gunakan sound sistem yang dapat ” menyuarakan ” di beberapa pojok bangunan.

Rencananya anak WIFI-an banget?

Siapkan colokan charger sebanyak-banyaknya, WIFI. ID Telkom serta sediakan juga Genset Listrik. Yakinkan meteran diatas 4 Ampere agar semakin GG (tagihan listriknya juga semakin mahal sich, heheh).

Dasarnya sich sarana yang Anda menawarkan itu ditetapkan bagaimana dekorasi yang Anda buat.

Masa iya sich, dekorasinya mengenai sepak bola eh monitor tancap kaga ada. Ya, kan lucu tuch! Sediain dong! Kita perlu bola, kita tidak perlu wanita! (astaghfirullah…)

(baca juga : pemasaran online)

#7. Lapar? Makanan, Ada Tidak?

Bila di usaha usaha warung kopi Anda tak ada makanan, bersiap kehilangan pelanggan.

Boro-boro kehilangan pelanggan, beberapa orang yang lewat saja males berkunjung di usaha warung kopi Anda. Oleh karena itu, siapkan dong…

Langkah yang paling simpel yaitu bekerja bersama dengan orang yang lain.

Beri peluang buat orang yang lain untuk dapat berjualan nasi, mie atau camilan di warung kopi kita. Masalah cost? Cukup dibebankan cost 10. 000 /hari.

Bila juga belumlah ada rekanan usaha, paling tidak ada 5 type kue atau camilan yang available (ada) di warung kopi Anda. Sedia setiap waktu.

Sia-sia WIFI kencang, duduknya enak, suhunya dingin, eh makanan tidak ada. Pelanggan akan hilang bosque…

(baca juga : 9 cara membuat bisnis makanan sukses)

#8. Service yang Berkwalitas untuk Konsumen

Ingat, orang yang sempat bertandang di warung kopi Anda itu mungkin saja pelanggan tetaplah untuk Anda.

Bila mulai sejak awal customer terasa nyaman dengan service yang Anda beri, jadi besoknya orang itu juga akan kembali berkunjung ke warung kopi Anda.

Ingat juga, bila Anda mempekerjakan anak buah (pegawai), sampaikan pegawai Anda tata krama yang baik, murah senyum serta tidak sombong.

Jangankan agar pegawai-pegawai Anda jadi ” mengusir ” pelanggan dikarenakan service yang mereka beri jelek.

Anda – jadi bos, mesti ajukan pertanyaan ke pelanggan, bagaimana service yang didapatkan pegawai Anda pada pelanggan itu, apakah senang atau tidak. Begitu, Anda dapat memperingatkan pegawai Anda atau tidak sekalipun.

Dasarnya, pegawai Anda mesti 3s. Sapa, Sopan serta Senyum. Terlebih pegawainya cewe, cantik juga. Kerasan, anjay. Dududuh…

#9. Merekrut Pegawai serta Menggaji Mereka

Untuk nusa serta bangsa, #SaveKPK serta #PapaMintaSaham, tidak ada kelirunya untuk Anda untuk merekrut sebagian orang untuk jadikan pegawai di usaha usaha warung kopi Anda.

Kenapa? Itu amal mulia, Anda berbaik hati pada orang, Anda juga menolong negeri ini untuk kurangi penggangguran, Anda juga mempermudah kehidupan seorang yakni anak buah sendiri.

Masalahnya sich banyak, di mana Anda mesti mengajarkan mereka langkah melayani, menyaring kopi, tahu kapan ganti bubuk kopi serta yang lain.

Kenapa? Karna tempatnya mereka juga akan bekerja dengan shift (bertukaran) ; belum juga, tidak selama-lamanya Anda di warung kopi itu karna ada aktivitas beda di luar sana. Jadi, memanglah mesti memercayakan pegawai-pegawai Anda ini.

Untuk masalah upah, itu masalah semasing ya. Bergantung seberapa banyak pegawainya, pendapatan kotor per bulannya, serta tempat dari si pegawai itu.

Umumnya, pembuat, peracik atau barista mempunyai upah yang paling teratas di antara semuanya pegawai.

Kenapa? Karna mereka yaitu peracik, mereka juga yang memastikan tinggi serta rendahnya pendapatan usaha usaha warung kopi Anda per bulannya.

Bila kopinya enak, tentu ramai dikunjungi. Bila kopinya tidak enak? Ingin Anda sediakan WIFI paling cepat didunia sekali juga, warung kopi Anda tetaplah tidak laris. Titik.

#10. Legalitas Usaha Usaha dengan Hukum di Indonesia

Usaha yang baik yaitu usaha yg tidak menyalahi ketentuan serta hukum di negara itu.

Di negara Indonesia sendiri, kita mengetahui beragam surat izin usaha seperti SKDU, SIUP, SITU serta yang lain ; salah satunya yaitu :

  1. Surat Info Bertempat Usaha (SKDU)
  2. Nomor Pokok Harus Pajak (NPWP)
  3. Surat Izin Tempat Usaha (SITU)
  4. Surat Izin Prinsip (SIP)
  5. Surat Izin Usaha Industri (SIUI)
  6. Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP)
  7. Sinyal Daftar Perusahaan (TDP)
  8. Sinyal Daftar Industri (TDI)
  9. HO Surat Izin Gangguan
  10. Surat Izin Membangun Bangunan (IMB)
  11. Izin Tubuh Pengawas Obat serta Makanan (BPOM)
  12. Usaha usaha yang baik adalah usaha yg tidak menyalahi hukum serta ketentuan yang diberlakukan oleh negara itu.

Cara Memulai Bisnis

Perlu untuk diketahui, karakter dari usaha warung kopi ini terdiri jadi dua sisi… Pertama, dapat jadikan jadi usaha paling utama dalam kehidupan Anda atau dapat jadikan jadi usaha usaha sambilan yang bisa Anda lakukan dirumah atau menyewa tempat. Sifatnya juga tidak sama.

Warung kopi dapat jadikan jadi usaha paling utama, di buka dari pagi hari hingga malam hari ; atau usaha sambilan yang sering di buka pada sore hari serta di tutup saat malam hari.

Ada pula yang membukanya full time dengan memperkerjakan atau memercayakannya ke orang yang lain. Dasarnya… Lain orang, lain juga bagaimana ia mengelola serta memanajemen usaha usaha itu.

Strategi Membangun Bisnis Usaha Warung Kopi | admin | 4.5