Perhatian ! "AnekaBisnis.net tidak pernah meminta imbalan atau meminta biaya administrasi untuk setiap informasi bisnis yang disampaikan disini. Apabila ada yang mengatasnamakan website AnekaBisnis.net untuk meminta imbalan bisa dipastikan itu adalah PENIPUAN Terima Kasih atas kunjungan anda ke website kami."

Tips Sukses Bisnis Dropship

By On Sunday, March 11th, 2018 Categories : Aneka Bisnis, Bisnis Modal Kecil, Bisnis Online, Tips

Sekilas pengertian tentang dorpship mungkin bisa diartikan dengan menjual barang atau product tanpa modal, coba perhatikan alur gambar dibawah ini :

Simpel bukan? Berikut kita simak sama – sama tips sukses dibawah ini agar bisnis dropship anda semakin matang dan sukses :

 

Product apa yang harus dijual?


Langkah paling pertama ini umumnya yang paling buat bingung. Pastinya Anda ingin jual product yang sifatnya sustainable serta berpeluang besar bukan? Oleh karena itu, terdapat banyak prasyarat yang perlu diperhitungkan sebelumnya memutuskan :

  • Janganlah sangat banyak jual beragam jenis produk

Untuk brand skala-kecil menengah, harus untuk konsentrasi dalam 1 bidang usaha. Fungsinya agar brand awareness usaha Anda di mata pelanggan itu lebih maksimum. Diluar itu, dari aspek pesaing juga punya pengaruh. Makin banyak bermacam product yang Anda jual, jadi juga akan menjaring semakin banyak pesaing juga. Yang berarti juga akan susah untuk brand Anda kelak dapat memenangi persaingan perebutan pasar. Paling akhir, dari sisi sumber daya usaha Anda sendiri. Terkecuali Anda yaitu pemain bertaraf besar seperti Carrefour serta beberapa pesaingnya.

 

  • Spesifik

Di step ini kita ingin lebih mempersempit jangkauannya. Argumennya masih tetap sama dengan point terlebih dulu, agar lebih konsentrasi, baik dalam pemasaran, sumber daya, penjualan, pesaing, serta aspek yang lain.

(bac ajuga : cara membuat bisnis online tanpa modal)

 

  • Sustainable

Supaya brand Anda nanti dapat bertahan lama, jadi product yang di jual harus juga ‘tahan banting’. Jauhi jual product yang sifatnya sesaat, sesuai sama tren, serta seasonal. Misalnya batu akik, gelang keseimbangan, ornament Natal, dsb.

 

  • Tingkat permintaannya tinggi

Cari product yang betul-betul juga akan dipakai oleh pelanggan. Pertimbangkanlah aspek tingkat keinginan serta customers’ needs and wants.

 

  • Tidak gampang rusak

Reseller on-line atau dropshipper bermakna Anda pasarkan lewat on-line, dimana umumnya tujuan marketnya relatif ada di banyak daerah, bertaraf nasional, bahkan juga mancanegara. Oleh karena itu, jauhi product yang rawan rusak sepanjang pengiriman. Terkecuali dapat dikemas demikian mungkin saja, hingga aman dari rusaknya.

 

  • Legal

Sebagian masa lalu (waktu artikel ini di buat), Indonesia digemparkan dengan product yang kontroversial serta dinilai mempunyai unsur pornografi. Hati-hati untuk jual satu product, terutama di Indonesia yang miliki regulasinya sendiri. Yakinkan product itu telah tercatat dengan resmi, hingga tidak berlangsung problem perijinan di waktu brand Anda telah bertaraf besar. Paling tidak product yang Anda jual tidak menyebabkan perseteruan atau menentang ketentuan.

 

  • Jauhi product yang miliki banyak pesaing ‘raksaksa’

Jauhi berkompetisi dengan adanya banyak pesaing yang jual product dalam volume tinggi. Kita tidak ingin jual peralatan Mac yang telah ada lebih dari 10 pesaing raksaksa. Dimana tiap-tiap bulannya semasing mereka dapat jual beberapa ratus bahkan juga beberapa ribu unit. Tapi janganlah berkecil hati dahulu gan, karna ada jalan keluar dari persoalan ini, yaitu dengan memberi value pada brand kita semasing.

 

  • Tentukan product yang sederhana (gampang di kirim serta memiliki ukuran kecil)

Bila saya pribadi jadi reseller on-line atau dropshipper online… Saya hindari berjualan product seperti paku bumi, almari es, nitrogen cair, baja ringan, ban traktor, yang mana beberapa produk ini tambah lebih rumit serta mahal untuk pengiriman jarak jauh.

 

Siapa pembeli product Anda?


Sesudah Anda pilih product yang ingin di jual, saat ini waktunya untuk memastikan siapakah tujuan market yang ingin Anda sasar. Tetapkan tujuan market dengan khusus, atau yang umum dimaksud dengan buyer personal. Dari mulai umur, type kelamin, hoby, dan aspek yang lain yang dapat digunakan jadi pendekatan serta promosi. Janganlah remehkan langkah ini, karna dengan ketahui tujuan market, jadi Anda dapat pasarkan product lebih konsentrasi sekali lagi sesuai sama jati diri mereka.

(baca juga : bisnis makanan ringan)

Analisa kompetitor


Janganlah terlalu puas dulu bila nyatanya pesaing Anda jumlahnya banyak sekali. Walau pesaing dari product serta tujuan market Anda itu masih tetap bertaraf kecil-menengah, bukanlah bermakna mereka bisa dihiraukan gitu saja. Tekuni langkah mereka lakukan pemasaran, apa yang salah dari mereka, serta bagaimana caranya mengatasinya. Apa yang membedakan mereka dari pesaing yang lain? Mengapa pelanggan lebih tentukan pesaing A di banding pesaing B? Media pemasaran apa yang mereka pakai?

 

Mencari supplier


Sesudah Anda betul-betul percaya dengan pilihan product, tujuan market serta keadaan pasar yang berpeluang, jadi langkah setelah itu yaitu mencari sumber penyuplai dengan kata lain supplier.

Prasyarat supplier yang baik :

  • Fast response. Terutama buat beberapa reseller atau dropshipper on-line. Tanggapan yang cepat itu satu diantara aspek perlu supaya mempunyai brand yang baik. Problem ramah atau engga-nya itu terakhir.

 

  • Harga yang di tawarkan murah. Berarti betul-betul murah di banding penyuplai yang lain. Terlebih bila ada system yang untungkan reseller serta dropshipper on-line, seperti Ocean Seven T-shirt Factory.

 

  • Komisi terang. Mencari supplier yang tidak hanya memberi harga terjangkau, tapi juga memberi harga spesial untuk reseller. Jadi contoh supplier A jual tas pria dengan harga unit (customer) serta reseller dipukul rata @ Rp 100, 000, – Bila Anda bisa modal segitu, automatis Anda mesti menaikan harga paling tidak Rp 120, 000, –

 

  • Terpercaya. Tidak butuh diterangkan.

 

  • Tempat kirim dekat dengan pasar. Saya sendiri prefer miliki supplier yang kirim product dari daerah Jabodetabek. Tapi bila nyatanya supplier Anda hanya berada di luar daerah itu, bukanlah jadi problem. Yang terutama yaitu memperhitungkan biaya serta estimasi pengirimannya.

 

  • Produknya miliki kwalitas tinggi. Hal semacam ini pantas diperhitungkan untuk melindungi brand image usaha Anda yang akan datang. Jangan sampai pelihara, bahkan juga mengoleksi kekecewaan pelanggan.

 

  • Stock barang. Mencari penyuplai yang miliki stock barang berlimpah atau senantiasa ready stok, hingga tidak ada argumen pelanggan tidak jadi beli karna kehabisan stock. Diluar itu cermati juga bagaimana system check stoknya. Lewat on-line itu tambah baik karna real-time Anda dapat check kapanpun serta di manapun. Tapi bila memanglah masih tetap manual, yakinkan penyuplai itu miliki response super cepat untuk konfirmasi ketersediaan stock.

 

  • Tidak asal seruduk. Supplier yang baik itu tidak merebut pelanggan Anda jadi dropshipper lewat cara apa pun. Umpamanya menyisipkan kartu nama atau waktu pengiriman, menghubungi pelanggan kita dengan diam-diam, dsb.

 

Memastikan harga jual


Perlu untuk diketahui, kalau terdapat banyak supplier yang mewajibkan beberapa resellernya untuk jual product dengan harga yang telah ditetapkan. Maksud intinya agar tidak menjatuhkan harga pasar. Tapi itu tidak semuanya kok hanya sebagian, sedang untuk yang memberi kebebasan, waktunya Anda memastikan kiat harga jual yang paling pas. Saya tidak juga akan ulas pricing strategy dengan komplit di artikel ini. Dari mulai beberapa jenis pricing hingga memastikan cara yang paling pas untuk tiap-tiap usaha.

 

Barang memiliki banyak materinya.


Singkatnya buat Anda beberapa dropshipper on-line, janganlah sangat mengharapkan miliki keuntungan yang tinggi dari tiap-tiap product yang di jual, karna pada intinya Anda tidak dapat merubah product. Umum keuntungan sebesar 10-20% telah lebih dari cukup untuk tiap-tiap product yang Anda jual. Lebih dari cukup karna Anda tidak ngeluarin modal untuk beli product lebih dahulu, hanya modal pemasaran saja.

 

Analisa juga harga jual di market.


Janganlah berkecil hati bila ada pesaing beda yang dapat jual product lebih murah.

Contoh
Saya ambillah contoh yang dilampirkan dalam buku Marketing Principles (v 1. 0), Chapter 3.

Dalam step memastikan product yang menginginkan dibeli oleh pelanggan, harga terjangkau bukanlah jadi hanya satu jaminan product itu ‘pasti laku’.

Tapi aspek yang lain juga diperhitungkan seperti kwalitas service.

Pada buku itu, diilustrasikan kalau Anda menginginkan beli satu tas.

Anda nemu 1 pedagang dengan harga tas yang murah.

Tapi nyatanya pedagangnya jutek, responnya lama, atau bahkan juga tidak menghormati Anda jadi konsumen.

(baca juga : peluang bisnis makanan ringan serba 2000)

 

Analisa serta pelajari ulang


Ini yaitu sisi akhir dari step awal sebelumnya Anda mendeklarasikan bendera usaha (baca : brand) Anda sendiri jadi dropshipper yang berhasil. Kerjakan analisa dari mulai step pertama memastikan product sampai harga jual. Apakah hingga di step ini Anda telah dapat penuhi keinginan pasar, customers’ needs and wants? Apakah product yang ingin di jual itu berpeluang dalam pemasaran on-line? Siapakah pelanggan yang akan Anda layani? Sosok seperti apakah mereka? Apa yang mereka sukai? Bagaimana karakternya? Apakah supplier yang telah ditetapkan itu dapat bekerja bersama dengan baik serta berkepanjangan? Telah penuhi kriteria supplier yang baik?

Saya merekomendasikan untuk merangkum step awal ini jadi pondasi pertama Anda. Ulangilah dari step awal bila masih tetap ada kesangsian. Hingga step ini, sesungguhnya Anda telah siap untuk berjualan, tapi …  Yap, dengan Anda telah miliki semua persiapan untuk dapat berjualan. Tapi begitu disayangkan buat Anda yang miliki maksud periode panjang, bila tidak meneruskan bagian setelah itu. Di bagian setelah itu, Anda juga akan dapat untuk membuat ‘kerajaan’ usaha sendiri. Pastinya untuk jadi besar taraf usaha serta sejuta keuntungan yang lain.

Sebut saja seperti tingkat keyakinan pelanggan bertambah serta menebar, bendera usaha Anda selalu diingat serta gampang dikenali, promosi dengan efisien serta efektif, atau memberi nilai plus pada pelanggan dari sebatas jadi reseller umum. Serta menurut saya pribadi, langkah setelah itu yaitu langkah yang paling seru di antara langkah yang lain supaya jadi reseller on-line yang berhasil.

 

Tetapkan jati diri brand


Brand itu lebih dari sebatas logo, desain atau nama. Sederhananya, brand yaitu pengalaman pelanggan saat mereka beli atau lakukan usaha dengan satu perusahaan. Sedang untuk jati diri brand ini mempresentasikan “Seperti apa sich brand Anda itu? ”. Apa asumsi orang-orang pada brand Apple? Pastinya ‘mewah’ bukan? Saat (beberapa besar) orang-orang memakai brand Apple tentu membawa kebanggaan sendiri. Demikian halnya dengan brand GoPro? Apa asumsi Anda sendiri pada brand ini? Camera untuk berolahraga ekstrim? Petualangan? Menelusuri? Under-water? Apa pun asumsi Anda, saya, serta orang-orang yang lain pada GoPro itu dibuat karna dampak branding yang kuat.

Memastikan nama brand


Supaya Anda memiliki brand yang lebih kuat sekali lagi, jadi mesti di dukung dengan nama brand yang pas. Nama brand ini selalu menempel sepanjang kita jadi reseller on-line. Terkecuali Anda buat brand baru yang lain. Oleh karena itu penentuan nama brand tidak bisa dikerjakan asal-asalan. Yah … menurut saya sich milih nama brand itu gampang-gampang susah. (susahnya 2 kali)

Sebagian panduan singkat dalam pilih nama brand :

  • Jauhi nama brand yang ‘pasaran’
    Terutama sekarang ini, jauhi nama brand seperti ; Toko Maju Jaya, Sejahtera Lancar Shop, Berhasil Makmur Berbakti Shop, dsb. Saya memahami bila nama itu yaitu doa. Tapi bila dari sisi branding, nama yang banyak dipakai begini juga akan jadi susah dikenali serta diingat oleh pelanggan.
  • Belum juga digunakan oleh orang lain
    Sebelumnya Anda mendeklarasikan nama brand Anda dengan sah, yakinkan kalau nama brand itu belum juga sempat ada terlebih dulu. Terutama untuk ketersediaan domain untuk situs Anda nanti. Untuk check domain, Anda dapat memakai cek domain availability GoDaddy. com. Sedang untuk media sosial, tinggal mencari username yang paling cocok untuk nama brand itu.
  • Tambah baik jauhi singkatan
    Memakai singkatan dalam nama brand sama seperti juga akan menyusahkan pelanggan untuk mengingat. Kecuali Anda pemain besar dengan kiat pemasaran yang kuat seperti H&M, M&M, OLX. Misalnya seperti : MJF Shop, FJM Fashion Shop, IYDPMW Store.
  • Berani beda
    Nama-nama brand yang unik, bahkan juga nyeleneh kaya gini akan begitu gampang diingat oleh pelanggan.

 

Visualisasikan


Jati diri serta personalitas brand Anda bisa dipahami oleh tujuan audiens, cuma bila Anda dapat mengemukakannya dengan pas (satu diantaranya dari sisi visual). Visual branding itu tidak hanya sebatas logo serta situs, tapi segalanya yang berbentuk visual yang berada di dalam brand itu. Dari mulai warna karakter brand, font situs, style bhs, atau alur. Serta visual ini mesti segaris dengan jati diri brand yang telah ditetapkan, dan dapat buat ‘pengaruh’ yang kuat pada orang yang simak.

 

Semoga sukses gan..

Tips Sukses Bisnis Dropship | admin | 4.5