4 Kriteria Barang Yang Paling Cocok Untuk Bisnis Online

4 Kriteria Barang Yang Paling Cocok Untuk Bisnis Online

Bisnis online memang lebih menguntungkan karena jangkauan pasarnya lebih luas, namun tidak semua jenis barang bisa dijual secara online.

Pasalnya, anda akan mengirimkan barang ke berbagai tempat bahkan bisa menyebrang pulau atau luar negeri. Maka karakteristik fisik barang yang kuat sangat diperlukan.

Bagi yang akan memulai bisnis online dan bingung mencari jenis barang yang cocok untuk dijual, anda mesti mengenal terlebih dulu karakteristik barang yang cocok dijual secara online.

Selain memudahkan, barang yang tepat juga akan meminimalisir kerugian. Karena melalui perjalanan jauh, anda memerlukan barang dengan kemasan kuat serta material yang tidak mudah pecah. Dengan demikian, konsumen pun tidak akan kecewa karena barang yang dibelinya tidak rusak ketika sampai di tangan.

Mengetahui kriteria barang tersebut juga efektif untuk memudahkan anda memilih item yang tepat untuk dijual. Berikut ini adalah kriteria barang yang cocok dijual online untuk bisnis online anda.

Kriteria Barang Yang Cocok Untuk Bisnis Online:


1. Barang Tidak Mudah Pecah

Pilih produk yang tidak rentan pecah agar tidak merepotkan ketika dikirim, barang yang mudah pecah sangat beresiko terhadap proses pengiriman, terutama jika jaraknya jauh.

Bahkan beberapa ekspedisi ada yang menolak mengirimkan barang pecah belah karena resikonya cukup besar.

Maka agar bisnis lebih mudah dari segi transaksi serta pengiriman, pilih barang yang memiliki kondisi fisik tidak mudah pecah atau retak.

2. Barang Tidak Memakan Banyak Tempat

Pertimbangkan pula ukuran barang yang akan dijual karena akan berpengaruh pada proses pengiriman. Misalnya jika anda menjual barang dengan ukuran sangat besar, maka biaya kirim pun akan besar pula.

Selain itu, barang berukuran besar juga akan mempersulit proses penyimpanan. Jika anda ingin berjualan dengan sistem lebih praktis, cobalah pertimbangkan lagi ukuran produk yang akan anda jual.

3. Barang Tahan Lama

Pilih produk yang sifatnya tahan lama dan nilainya tidak berkurang meskipun disimpan dalam waktu lama. Misalnya buku, aksesoris, boneka, baju, dsb.

Dengan memiliki produk dengan sifat tersebut, resiko kerugian bisnis mampu anda redam, karena jika dalam bulan ini tidak laku pun pada bulan berikutnya bisa anda jual kembali asalkan kondisi barang tidak cacat. Dengan demikian modal yang anda alokasikan pun tidak sia-sia.

4. Bukan Barang Musiman

Jika ingin bisnis online tahan lama, sebaiknya pilih jenis produk yang sifatnya tidak musiman. Barang-barang yang bersifat musiman hanya akan laku di waktu tertentu dan sepi peminat di lain waktu.

Misalnya pernak-pernik natal, toples lebaran, angpau khusus imlek, dan berbagai pernak-pernik musiman lainnya. Jika anda ingin membangun brand yang jelas, pasarkan barang yang berpotensi laku sepanjang tahun.

Sebenarnya barang musiman bisa menjadi sampingan bisnis online anda namun tidak bisa ditetapkan sebagai produk utama dalam bisnis online.

Nah, itu dia beberapa kriteria barang yang cocok untuk dijual online untuk bisnis online Anda. Dengan kriteria tersebut tentu anda bisa mengambil kesimpulan jenis produk apa yang akan anda tetapkan untuk berjualan online. Semoga bermanfaat.