4 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Saham

Mendapatkan banyak keuntungan dari investasi memang menjadi salah satu trend bisnis saat ini. Terlebih lagi, ada berbagai macam jenis investasi yang bisa Anda lakukan dan tentunya bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda.

Dari beberapa jenis investasi yang ada, investasi saham menjadi salah satu jenis investasi yang banyak dilirik oleh orang. Hal ini karena investasi saham memiliki return yang cukup tinggi.

4 Poin Penting yang Harus Diperhatikan Sebelum Investasi Saham


Tak ayal, jika hal tersebut membuat banyak orang mulai tergiur untuk melakukan investasi saham. Meski memiliki return yang cukup tinggi, resiko mengalami kebangkrutan dari investasi yang satu ini juga terbilang cukup tinggi.

Terutama bagi Anda para pemula yang baru akan memulai usaha dengan cara berinvestasi saham ini, pastinya akan ada banyak sekali resiko yang harus Anda hadapi. Lalu, apa saja hal yang harus Anda lakukan untuk menurunkan angka resiko kerugian akibat investasi saham yang satu ini?

Nah, di bawah ini ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk menghindari kerugian akibat investasi saham. Tak hanya ini, beberapa tips di bawah ini juga akan membantu Anda untuk bisa mendapatkan banyak keuntungan dari investasi saham yang dilakukan.

4 Poin Penting yang Harus Dilakukan Sebelum Investasi Saham:


1. Ketahuilah Profil Resiko yang Didapatkan

Bagi Anda yang baru saja akan memulai usaha investasi saham yang satu ini, hal pertama yang bisa Anda lakukan ialah dengan mengetahui profil resiko. Hal ini karena jumlah saham yang ada di bursa efek sangatlah banyak. Tentu saja, Anda harus mengetahui karakternya agar dapat memilih.

Jika Anda termasuk orang yang berhati-hati, maka Anda bisa memilih investasi saham BUMN ataupun investasi saham blue chip. Ini karena jenis investasi saham tersebut memiliki pergerakan yang lebih stabil serta likui. Tak hanya itu saja, bahkan resiko yang bisa Anda dapatkan dari cara berinvestasi yang satu ini juga lebih kecil.

Namun, bagi Anda yang memiliki tipe nekad, cara berinvestasi pun juga berbeda. Nah, langkah yang bisa Anda lakukan ialah dengan berinvestasi di beberapa saham yang mempunyai kapitalisasi pasar menengah ataupun kecil.

2. Tentukanlah Tujuan Investasi

Langkah selanjutnya yang bisa Anda lakukan ialah dengan menentukan tujuan dari investasi yang Anda jalani. Pikirkanlah apakah investasi saham yang Anda lakukan tersebut untuk investasi jangka pendek, menengah ataupun panjang.
Nah, untuk menghindari dari kerugian, maka investasi jangka menengah menjadi pilihan yang tepat untuk Anda lakukan. Hal ini karena investasi jangka pendek dapat menyebabkan Anda mengalami kerugian  karena free boker.

3. Ketahui juga Waktu yang Tepat Untuk Melakukan Jual Beli Saham

Selain kedua hal diatas, mengetahui kapan waktu yang tepat untuk melakukan investasi saham satu ini memang penting bagi Anda. Nah, waktu yang tepat untuk berinvestasi ialah pada bulan Mei, September ataupun Oktober. Hal ini karena pada bulan-bulan tersebut banyak yang menjual saham dikarenakan musim liburan. hal tersebut juga yang membuat harga saham menjadi turun.

4. Lihat Jumlah Investasi

Nah, setelah Anda melakukan cara diatas untuk investasi saham, maka jangan langsung terburu-buru untuk membeli saham dengan jumlah yang besar. Apalagi, jika hal ini dilakukan bagi Anda para pemula. Langkah yang tepat yang bisa Anda lakukan ialah dengan menginvestasikan sebanyak 5% harta kekayaan yang Anda miliki.

Jika Anda sudah mengerti tentang seluk beluk dari saham itu sendiri, barulah Anda bisa membeli investasi dalam jumlah yang besar.

Nah, cara melakukan investasi saham terutama bagi Anda para pemula tentu saja tidak dilakukan dengan sembarangan. Hal ini tentu saja untuk menghindarkan Anda dari kerugian yang bisa didapatkan.