5 Tips Investasi Tanah Agar Menguntungkan

Salah satu investasi yang memiliki keuntungan besar di jangka panjang adalah investasi tanah. Investasi tanah mampu memberikan keuntungan berkali lipat dari harga beli awal. Bagi yang ingin berinvestasi dengan resiko kecil, maka tanah adalah opsi tepat untuk dilirik.

Kebutuhan akan perumahan serta pertokoan semakin meningkat seiring dengan naiknya jumlah penduduk di Indonesia. tak heran jika harga tanah setiap tahunnya meningkat. Belum lagi perkembangan sebuah lokasi juga menentukan harga tanah tersebut.

5 Tips Investasi Tanah Agar Menguntungkan


Jika pada masa awal pembelian tanah di area yang masih sepi, bisa jadi 5-10 tahun kedepan area tersebut akan disulap menjadi lahan potensial sehingga nilai jualnya meningkat. Bagi yang senang investasi dengan biaya perawatan yang kecil, tanah merupakan ide terbaik untuk anda lirik.

Nah, bagi anda yang tertarik mencoba investasi di bidang tanah, anda memerlukan beberapa tips khusus agar investasi tetap menjanjikan. berikut tips selengkapnya yang bisa Anda jadikan referensi.

Tips Investasi Tanah Agar Menguntungkan:


1. Perhatikan Legalitas Dokumen

Poin satu ini wajib anda perhatikan demi menghindari sengketa lahan untuk kedepannya. Karena jika terjadi sengketa maka proses jual beli pun akan tersendat dan akan merugikan anda jika kalah dalam sengketa.

Oleh sebab itu wajib bagi anda memeriksa keabsahan dokumen-dokumen tanah. Seperti setifikat, akte sampai surat pajak bumi dan bangunan. Dengan mengantongi dokumen yang sah, anda sudah memiliki payung hukum yang kuat sehingga masalah administrasi di kemudian hari tidak terjadi.

2. Perhatikan Kondisi Tanah

Perhatikan bagaimana kondisi tanah anda karena sangat mempengaruhi keputusan pembeli. Jika pembeli akan menggunakan tanah untuk ruko atau rumah tentu bentuk tanah persegi atau trapesium yang akan dicari.

Selain itu perhatikan pula kontur tanah. Pasalnya jenis tanah miring jarang diminati karena resiko longsor lebih besar. kontur tanah datar memiliki harga yang mahal untuk kedepannya sehingga kondisi demikian wajib anda perhatikan demi kepentingan investasi jangka panjang.

3. Perhatikan Lokasi Tanah

Lokasi juga patut anda pertimbangkan. Tidak mesti tanah yang ada di tempat yang sudah ramai selalu yang tepat untuk berinvestasi. Jika anda jeli memandang peluang, lokasi yang tidak terlalu ramai namun berpotensi berkembang 5-10 tahun lagi bisa menjadi pilihan anda.

Misalnya lokasi yang akan menjadi tempat industri, pusat perbelanjaan atau yang akan dikembangkan menjadi tempat wisata. Peluang inilah yang mesti anda baca ketika hendak membeli tanah.

4. Perhatikan Harga Tanah dan Nilai Jual Kembali

Pertimbangkan harga tanah ketika sedang membeli. Jangan sampai terlalu mahal karena anda akan sulit memperoleh keuntungan. Pertimbangkan nilai jual kembali karena semakin lama tanah akan semakin mahal.

Misalnya jika tanah yang anda jual temponya dua tahun maka harganya lebih murah dibandingkan tanah yang akan dijual 5 tahun mendatang. Kenaikan signifikan ini tentu akan menguntungkan penjual dan memudahkannya dalam menjual tanahnya.

5. Jalin kerjasama Dengan Agen

Jika jumlah tanah anda banyak, maka jalinlah kerjasama dengan agen penjualan. Dengan kerjasama ini maka peluang tanah mudah terjual semakin besar. Meskipun mesti mengeluarkan komisi namun jika ingin mempercepat proses penjualan maka komisi tersebut tidak terlalu memberatkan.

Pilih agen yang sudah kredibel dan memiliki banyak relasi demi kepentingan pemasaran tanah yang lebih mudah

Itulah beberapa tips investasi tanah sehingga anda bisa mendapatkan untung lebih optimal. Semoga bermanfaat.