5 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol

Merintis sebuah usaha memang sangatlah menyenangkan karena Anda akan bisa memperoleh beberapa keuntungan jika menjadi seorang pengusaha. Meskipun demikian, Anda harus mengetahui bahwa mengelola usaha sendiri bukanlah hal yang mudah, terlebih lagi jika Anda adalah seorang pemula yang baru saja merintis usaha dari nol.

Ada banyak sekali hal penting yang harus dipersiapkan sebelum Anda mulai menjalankan usaha, mulai dari menentukan jenis usaha hingga strategi pemasarannya.

5 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol


Seorang pengusaha tentu saja haruslah memiliki pengetahuan yang cukup, pasalnya apabila Anda tidak memiliki pengetahuan yang cukup mengenai usaha yang akan Anda jalankan, maka tentu saja resiko kerugian akan menjadi jauh lebih besar dan bahkan usaha tersebut bisa terancam bangkrut.

Oleh karena itulah maka Anda harus benar-benar mempersiapkan segala hal sebelum memutuskan untuk terjun langsung ke dalam dunia usaha. Jika Anda tertarik, maka pada kesempatan kali ini akan kami ulas 5 langkah merintis usaha sendiri dari nol.

5 Langkah Merintis Usaha Sendiri dari Nol:


1. Menentukan Jenis Usaha

Langkah pertama yang harus Anda lakukan tentu saja menentukan jenis usaha terlebih dahulu dengan melihat peluang usaha yang ada, perlu diperhatikan bahwa Anda tidak boleh asal-asalan dalam menentukan jenis usaha.

Anda haruslah memilih jenis usaha yang sesuai dengan minat serta keahlian yang Anda miliki, selain itu Anda juga perlu menyesuaikan jenis usaha dengan modal yang dimiliki sehingga tidak menimbulkan masalah ke depannya.

2. Melakukan Survey

Jika Anda telah menentukan jenis usaha, maka langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah melakukan survey di lapangan.

Perlu Anda ketahui bahwa survey sangatlah penting untuk dilakukan, pasalnya kegiatan yang satu ini memiliki tujuan untuk mengetahui produk seperti apa yang sedang dibutuhkan oleh masyarakat sehingga Anda tidak mengalami kesulitan dalam menjualnya.

3. Menyiapkan Modal

Langkah berikutnya yang juga harus Anda lakukan adalah menyiapkan modal, seperti yang Anda ketahui bahwa setiap jenis usaha tentu saja membutuhkan modal usaha untuk memulainya.

Anda harus mengetahui berapa jumlah modal yang akan dibutuhkan untuk memulai usaha sehingga Anda bisa mempersiapkan dananya, Anda juga bisa mencari modal dengan meminjam kepada bank.

4. Membuat Rencana Usaha

Jika Anda sudah memiliki modal yang cukup untuk memulai usaha, maka langkah keempat yang bisa dilakukan adalah membuat rencana usaha.

Hal yang satu ini masih sering dianggap remeh oleh sebagian pelaku usaha, padahal rencana sangatlah penting untuk dibuat. Anda bisa membuat rencana usaha dengan detail mulai dari analisa modal hingga tujuan Anda memulai bisnis.

5. Tunjukkan Keunikan Produk Anda

Seperti yang Anda ketahui bahwa dunia usaha tidak bisa lepas dari persaingan, oleh karena itulah Anda harus mencari cara untuk memenangkan persaingan.

Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan menunjukkan keunikan dari produk yang Anda jual, jika produk tersebut memiliki keunikan yang tidak dimiliki oleh produk buatan kompetitor maka tentu saja akan menjadi suatu keunggulan tersendiri.

Apabila Anda memiliki keinginan untuk merintis usaha sendiri, maka tidak ada salahnya jika Anda mengikuti beberapa langkah di atas. Semoga Bermanfaat