Bisnis Sampingan Yang Bisa Anda Coba Untuk Menambah Penghasilan

Di jaman yang serba modern ini harga untuk berbagai macam peralatan menjadi kian mahal. Dengan pendapatan yang jumlahnya tetap, pasti Anda keteteran untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan oleh rumah tangga.

Tak ingin menyerah dengan keadaan beberapa karyawan di sebuah perusahaan rela melakukan kerja sampingan untuk menambah pendapatan.


Kerja Sampingan


Untuk beberapa kasus terdapat beberapa kerja sampingan yang jumlah pendapatannya melebihi jumlah penghasilan tetapnya dari perusahaan di mana mereka bekerja.


Ide Usaha Bisnis Sampingan yang bisa Anda Coba:



Bisnis Sampingan Online Shop



Apabila berbicara mengenai bisnis atau kerja sampingan, pasti hal yang terbesit dalam pikiran Anda adalah online shop. Bisnis yang satu ini memang menjadi favorit bagi para pemburu rupiah karena mudah untuk dijalankan. Ditambah dengan adanya sistem dropship membuat Anda tidak memerlukan modal yang besar.


  • Online Shop Sistem Dropship

Sistem dropship membuat Anda tidak memerlukan biaya sedikitpun karena Anda hanya berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli. Bagi Anda yang memiliki modal cukup besar, terdapat satu pilihan sistem online shop yang cocok yaitu reseller.


  • Online Shop Sistem Reseller

Dengan sistem reseller Anda harus mengeluarkan biaya untuk menyetok barang-barang yang ingin Anda jual. langkah selanjutnya yang harus Anda ambil adalah memasarkan barang dagangan dengan nama toko Anda sendiri.

Tak hanya pakaian, kerja sampingan online shop ini juga dapat menggunakan barang dagangan lainnya seperti elektronik, make up, skin care, makanan, dan masih banyak lagi.

Apabila Anda telaten dan rajin, niscaya penghasilan yang akan Anda peroleh dari online shop jauh lebih besar dari gaji tetap yang diperoleh setiap bulannya. Maka tak heran banyak orang yang rela keluar dari kantor atau perusahaannya untuk lebih fokus mengurusi bisnis sampingan online shopnya.


Bisnis Sampingan Jasa Titip



Rekomendasi kerja sampingan yang wajib dicoba oleh Anda yang menginginkan pendapatan lebih adalah jasa titip. Istilah jasa titip mungkin terdengar asing di telinga Anda karena memang baru berkembang 2 tahun belakangan ini.

Sesuai dengan namanya, jasa titip memungkinkan Anda untuk menerima upah dari jasa penitipan pembelian barang dari suatu tempat yang Anda datangi. Pekerjaan ini sangat cocok untuk menjadi sampingan untuk Anda yang sering traveling kemana-mana.

Ada kalanya barang tertentu tidak dijual di sebuah daerah terpencil karena sistem pengiriman yang cukup mahal. Maka dari itu, jasa titip diperlukan. Bagi Anda yang sering bepergian kemana-mana pasti menjumpai barang-barang tertentu yang tidak dijual di daerah domisili anda. Sehingga Anda dapat memasarkan kepada orang lain untuk penitipan jasa pembelian.

Untuk media pemasaran, Anda dapat menggunakan media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti instagram dan whatsapp. Harga yang dikenakan untuk jasa titip yang Anda tawarkan tergantung dari jenis barang yang dipesan dan jarak yang ditempuh. Harga rata-rata yang dikenakan untuk jasa titip barang pada saat ini berkisar antara Rp 25-30 ribu.


Bisnis Sampingan Berjualan Pulsa



Satu lagi rekomendasi kerja sampingan yang wajib Anda coba ketika ingin mendapatkan penghasilan tambahan adalah dengan berjualan pulsa. Meskipun terdengar sepele, tetapi berjulan pulsa juga dapat menghasilkan keuntungan yang berlimpah apabila dilakukan dengan rajib dan sabar.

Berbeda dengan kerja sampingan lainnya, berjualan pulsa tidak akan menguras waktu anda. Rata-rata waktu yang dibutuhkan untuk melakukan penjualan pulsa tidak mencapai satu menit. Dengan waktu yang singkat tersebut, Anda akan mendapatkan laba secara Cuma-Cuma dari pulsa yang Anda jual.

Dengan adanya digitalisasi, kini semua orang sudah memiliki smartphone yang canggih. Untuk menjalankan smartphone tersebut tentunya dibutuhkan jaringan internet yang lancar. Sebagai seorang pebisnis tentunya Anda dapat melihat peluang usaha dari kondisi tersebut. Maka dari itu, selain pulsa, Anda juga dapat berjualan paket internet untuk semua provider yang tersedia saat ini.

Serupa dengan berjualan pulsa, berjualan paket internet tidak memerlukan waktu yang lama yaitu hanya dalam hitungan detik. Namun, laba yang didapatkan jauh lebih besar hingga mencapai Rp 15.000 untuk setiap transaksinya.

Bayangkan saja apabila dalam sehari Anda dapat menjual paket internet sebanyak 10 kali, maka laba Cuma-Cuma yang akan Anda dapatkan adalah Rp 150 ribu.
Untuk menghemat biaya transport, Anda dapat top up saldo pulsa melalui mobile banking sehingga tidak perlu repot top up saldo secara manual.


Bisnis Sampingan Freelance Content Writer



Bagi Anda yang rajin menulis, rekomendasi kerja sampingan yang patut Anda coba adalah sebagai penulis artikel. Apabila mendengar namanya, pasti Anda mengira pekerjaan ini rumit dan sulit karena menyangkut masalah kepenulisan.

Tetapi setelah dicoba sebenarnya pekerjaan sebagai penulis artikel tidaklah begitu sulit. Anda hanya dituntut untuk rajin membaca berbagai referensi mengenai berbagai pembahasan.

Setelah itu, Anda dituntut untuk mengolah kata untuk menjadi sebuah kalimat yang padu dan informatif. Pasalnya tulisan yang Anda susun tersebut akan menjadi sumber referensi bagi orang lain karena akan diterbitkan dalam sebuah website atau blog.

Sebelum diposting, artikel Anda harus melalui berbagai macam pengeditan agar memenuhi persyaratan artikel yang baik dan benar. Salah satunya adalah melalui cek plagiasi untuk membuktikan keorisinilan tulisan yang Anda susun.

Untuk menjadi seorang penulis artikel caranya cukup mudah yaitu dengan freelance di perusahaan penerbitan artikel orang lain. Pada saat ini banyak sekali lowongan pekerjaan untuk menjadi seorang freelance penulis artikel. Anda dapat mencoba mencari informasinya melalui google.


Bisnis Sampingan Jualan Makanan Ringan



Bagi Anda yang hobi memasak, kerja sampingan berjualan makanan ringan merupakan pekerjaan yang sangat cocok untuk Anda lakukan. Meskipun terdengar sepele yaitu makanan ringan tetapi laba yang didapatkan cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Salah satu makanan ringan yang pada saat ini sedang viral di masyarakat terutama para pecinta youtube adalah puding atau kue berbahan dasar oreo. Selain itu, juga terdapat es krim cup dengan modal yang cukup kecil yaitu dibawah Rp 50 ribu namun dengan harga jual mencapai  Rp 100 ribu lebih.

Untuk masalah pemasaran, Anda dapat menggunakan media sosial yang banyak digunakan semua kalangan saat ini yaitu whatsapp dan instagram. Penggunaan dua jenis media sosial tersebut juga dapat mengurangi biaya karena gratis.

Itulah beberapa pekerjaan sampingan yang dapat Anda coba untuk menambah penghasilan. Semoga artikel ini bermanfaat.