5 Peluang Bisnis Percetakan Yang Bisa Anda Coba - Aneka Bisnis

Thursday, June 13, 2019

5 Peluang Bisnis Percetakan Yang Bisa Anda Coba

Bisnis Percetakan merupakan salah satu peluang usaha yang tidak pernah sepi. Meskipun sudah banyak orang yang membangun bisnis ini, target pasar semakin terbuka lebar. 


Bisnis Percetakan


Faktanya, saat ini kebutuhan promosi sangat diperlukan bagi perusahaan. Apalagi saat musim politik, kebutuhan percetakan juga semakin meningkat untuk kampanye dan lain sebagainya.

Ada banyak produk-produk percetakan yang dibutuhkan oleh konsumen seperti buku, nota/faktur, kwitansi, dus-dus kemasan makanan atau kemasan barang-barang lainnya, tas jinjing (hand bag/shopping bag), kartu nama, hang tag atau label, kop surat, amplop, sticker, poster, ID card, brosur, leaflet, company profil, majalah, bulletin, tabloid, dan lain sebagainya. 

Intinya, dimanapun kamu pergi pasti menjumpai produk-produk percetakan tersebut. Hal ini juga membuktikan bnyak sekali peluang usaha di sekitar. 

Kalian tinggal melakukannya dengan teliti dan jeli untuk mendapatkan pundi pundi uang. Ada beberapa peluang usaha bisnis usaha percetakan yang bisa kamu coba. Apa saja itu?

Berikut ini 5 peluang bisnis percetakan yang bisa kalian coba.


1. Percetakan Undangan Pernikahan


Cetak Undangan Pernikahan

Jika modal terbatas, mulailah dari orang sekitar tempat tinggalmu, saudara atau tetangga. Coba dekati mereka dan tawarkan jasa yang kamu buat. 

Jangan lupa memberikan contoh undangan yang pernah dibuat sebelumnya. 

Jika kamu sudah memiliki modal yang cukup, alangkah baiknya untuk membuat contoh sebanyak mungkin undangan dan buatlah toko di tempat yang ramai.


2. Percetakan Formulir Kantor


Cetak Formulir Kantor

Banyak kantor swasta maupun pemerintah yang mengharuskan pengunjung atau client mengisi formulir terlebih dahulu. 

Semakin banyak pengunjung yang datang, kebutuhan kertas formulir juga semakin meningkat. Hal inilah yang bisa kamu manfaatkan untuk menawarkan jasa percetakan dengan harga yang lebih murah. 

Kamu bisa menggunakan teknologi percetakan digital dengan teknologi saat ini untuk mendapatkan harga yang lebih murah daripada fotocopy. Bahkan untuk membuat form yang bertinta biru atau merah sekalipun


3. Cetak Buku Ujian Masuk Perguruan Tinggi


Cetak Buku Ujian Masuk Perguruan Tinggi

Bagi kamu yang kuliah di perguruan tinggi, tentu mengenal buku ujian masuk perguruan tinggi. Pangsa pasar untuk buku ini sangat bagus. 

Saat ini banyak sekali lulusan SMA yang ingin masuk ke perguruan tinggi favorit. Cobalah untuk mendekati mahasiswa-mahasiswa perguruan tinggi favorit yang ingin mencetak buku (biasanya mereka tergabung dalam klub usaha). 

Untuk 1 kampus favorit saja kurang lebih bisa mencetak lebih dari 100.000 eksemplar buku. Sangat menjanjikan bukan? meskipun begitu, kamu harus benar menggunakan teknik atau teknologi percetakan terbaru untuk mendapatkan harga yang lebih murah. 

Dengan begitu, keuntungan yang kamu terima juga besar apalagi jika sudah menjadi langganan setiap tahun.


4. Jasa Cetak Reklame


Cetak Reklame

Reklame merupakan sumber pendapatan yang cukup menjanjikan bagi pelaku bisnis percetakan. Ukuran cetak yang jumbo membuat harganya semakin mahal, apalagi banyak perpaduan warna yang dicetak. 

Setiap tahun atau bahkan setiap bulan kebutuhan percetakan banner untuk reklame semakin meningkat. 

Hal ini terjadi karena banyaknya perusahaan yang mempromosikan produknya di berbagai tempat seperti makanan, tempat penginapan dan lain sebagainya.


5. Jasa Cetak Poster, Brosur Kegiatan, Sablon, dan Mug


Cetak Poster, Brosur Kegiatan, Sablon, dan Mug

Meskipun saat ini sudah memasuki era media sosial, kebutuhan akan poster ataupun brosur kegiatan masih sangat padat. Mulai dari acara-acara kemahasiswaan, dealer motor, hingga event-event lokal. 

Selain itu, kamu juga bisa menawarkan sablon gambar untuk kaos dan membuat souvenir yang menarik di mug.

Biasanya kantor juga membutuhkan map khusus yang bertuliskan nama kantor atau amplop yang harus bertuliskan nama dan alamat kantor di bagian luar. 

Setiap tahun pihak kantor juga membuat undangan untuk dibagikan kepada kalangan internal (pegawai) dan para stakeholder (pelanggan maupun pihak lain yang membantu kantor tersebut, seperti distributor, penyedia bahan baku,  dan investor.

Itulah 5 peluang bisnis percetakan yang bisa kalian coba. Semoga bermanfaat!
Comments


EmoticonEmoticon