8 Tips Sukses Menjalankan Bisnis Jasa Titip

Di era modern ini banyak peluang bisnis yang dapat dijalankan. Karena pertumbuhan penduduk semakin meningkat dan kebutuhan akan segala sesuatu juga harus semakin mudah.

Salah satu bisnis yang saat ini banyak dicari masyarakat, namun masih jarang yang mengembangkannya adalah bisnis jasa titip.

Bisnis Jasa Titip


Bisnis ini merupakan bisnis pembelian barang menggunakan jasa pihak ketiga, pihak ini adalah pembuka jasa titip tersebut. Jadi hal ini akan lebih memudahkan konsumen untuk membeli barang-barang yang diinginkan.

8 Tips Memulai Bisnis Jasa Titip Bagi Pemula:


Untuk  Anda  yang memilik minat dalam jasa titip dan  ingin memulai bisnis jasa titip ini ada beberapa tips untuk memulainya, antara lain:

1. Memahami Bisnis Jasa Titip

Pastikan konsumen Anda sudah mengirim dana beserta biaya jasa titip yang sudah ditentukan. Jika membaca sekilas mengenai tahap bisnis jasa titip ini memang terlihat sederhana, namun tentu saja sebagai seorang pebisnis Anda harus pintar-pintar dalam memperoleh kentungan dan menarik pelanggan.

Karena bisnis ini dapat dikatakan salah satu bisnis yang dapat Anda jalankan tanpa modal. Keuntungan bisnis ini dapat Anda peroleh dari biaya jasa Anda dalam konsumenan barang yang diinginkan konsumen.

2. Menentukan Target Pasar Anda 

Sebaiknya Anda menentukan target pasar  Anda  di awal dan fokus pada konsumen pasar Anda. Misalnya bisnis jasa titip barang yang Anda  tawarkan khusus untuk segala fashion wanita, tas, pakaian, sepatu yang semuanya bermerk.

Dengan menentukan target pasar di awal maka bisnis  Anda  akan fokus dan dapat mengatur berbagai macam proses pemasaran selanjutnya.

Namun, menentukan target pasar ini juga harus melihat kondisi pasar terlebih dahulu, pilihlah produk yang memiliki banyak peminat di kalangan masyarakat, dengan begitu peluang konsumen Anda akan semakin tinggi juga pastinya.

Selain itu pilihlah produk yang sekiranya tidak mempersulit  Anda  dalam mencari dan membelinya

3. Menentukan Media Pemasaran

Biasanya media pemasaran bisnis jasa titip barang ini dilakukan melalui media sosial. Namun Anda  tidak perlu menggunakan semua media sosial yang Anda miliki, pilih satu atau dua media sosial yang paling efektif.

Kebanyakan pelaku jasa titip ini menggunakan media sosial Instagram sebagai tempat pemasaran utama. Hal ini karena Instagram adalah media sosial yang menggunakan foto dan video, jadi akan mempermudah Anda dalam memasarkan produk  Anda  nantinya.

Menentukan media sosial yang akan digunakan untuk memasarkan produk sangat menentukan keberhasilan usaha kita. Semakin rajin memposting foto-foto produk terbaru yang menarik di akun media sosial, maka potensi untuk mendapatkan konsumen akan semakin besar.

Namun, Anda juga bisa menambah sosial media yang juga memiliki minat tinggi di masyarakat seperti facebook.

Jika menggunakan Instagram, jangan lupa penggunaan hastag atau tanda pagar (tagar) sangat disarankan. Hal ini digunakan untuk menjangkau calon konsumen.

Tips lainnya adalah jangan campur akun Instagram pribadi dengan akun untuk jualan Buat akun khusus untuk berjualan yang nantinya bisa menjadi tempat utama pemasaran Anda.

4. Jalin Kerjasama

Hal yang paling penting dalam memulai usaha ini adalah dengan menjalin kerjasama dengan beberapa toko sebagai penyedia barang. Siapa tahu Anda akan mendapat harga lebih murah.

Karena nantinya toko tersebut akan sering  Anda  beli barang jualannya. Menjalin koneksi dengan gerai akan mempermudah Anda dalam melakukan pembelian karena kamu bisa me-lobby toko tersebut untuk memproritaskan stok produk untuk jasa titip Anda nantinya, agar Anda tidak harus berebutan dengan konsumen lain.

5. Transparansi Harga Kepada Konsumen

Selain itu, Anda harus menjalankan bisnis ini secara jujur dan transparan. Beritahu kepada konsumen harga asli barangnya dan berapa tarif jasa yang dikenakan untuk setiap item.

Nantinya, konsumen  Anda  pasti akan semakin percaya dengan jasa  Anda  dan menjadi pelanggan. Mereka pun tak akan ragu untuk merekomendasikan bisnis  Anda  kepada orang lain.

Selain itu  Anda  juga bisa menetapkan pembayaran uang di awal, sehingga Anda dapat menggunakan uang tersebut untuk membeli barang, kemudian dikirimka ke alamat konsumen yang sesuai.

Pastikan barang yang Anda tawarkan berkualitas dan layak beli agar konsumen makin percaya. Sebab tidak semua barang layak ditawarkan juga, walaupun harganya sedang diskon.

6. Berikan Pelayanan Terbaik

Percaya atau tidak, konsumen yang puas dengan pelayanan Anda kemungkinan besar akan kembali memesan jasa titip beli barang dari  Anda.

Konsumen setia tidak datang begitu saja, mereka harus diusahakan dengan cara memberikan pelayanan terbaik. Memberikan pelayanan yang baik bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Contohnya adalah dengan berkomunikasi secara bersahabat dengan konsumen, membalas chat dengan cepat, memastikan barang yang ditawarkan berkualitas dan layak untuk dibeli, mengirimkan barang dengan packing yang rapi.

Selain itu Anda harus bisa membangun kepercayaan dengan konsumen Anda, karena sebagian besar konsumen Anda berada di dunia maya, maka pemberian pelayanan juga harus disesuaikan.


7. Rajin Mencari Produk Berkualitas

Jangan cuma menunggu pesanan saja, sambil menunggu Anda dapat mencari produk-produk lainnya yang terbaru dan berkualitas, supaya lebih menarik banyak konsumen.

Supaya bisnis  Anda  tetap berjalan, rajin-rajin lah mencari produk di took-toko, mal dan pusat perbelanjaan lainnya. Siapa tahu sedang ada diskon besar yang dapat Anda terima, pastinya akan menambah keuntungan Anda.

8. Lakukan Promosi Bisnis Jasa Titip Anda 

Selain memanfaatkan kekuatan media sosial untuk promosi, Anda juga bisa melakukan beberapa promosi untuk menarik lebih banyak konsumen, seperti memberikan diskon untuk pelanggan setia jasa titip Anda.

Bisa juga memberikan diskon di hari-hari tertentu. Pastinya dengan begitu, jasa titip Anda akan semakinn menjadi incaran konsumen.

Itu tadi beberapa tips sukses memulai bisnis jasa titip yang bisa Anda terapkan. Semoga bermanfaat